Rabu, 03 September 2014

Kehidupan Astronot di Luar Angkasa



Kalian tau tidak bahwa sebenarnya di angkasa juga ada stasiun yang bernama Stasiun Luar Angkasa Internasional yang merupakan gabungan stasiun luar angkasa khususnya khususnya Mir 2 Rusia, Stasiun Luar Angkasa Freedom Amerika Serikat dan Fasilitas orbital Columbus Eropa mewakilkan kehadiran manusia tetap di luar angkasa: telah ditempati oleh paling tidak dua orang sejak 2 November 2000. Dan merupakan gabungan dari 16 negara yaitu: Amerika Serika, Rusia, jepang, Canada dan 11 negara dari uni Eropa. Beberapa nama Stasiun Angkasa yang ada antara lain: DOS 2, Salyut, Cosmos, Mir, Skylab, Mir 2/Polyus, dan selanjutnya kelak adalah ISS.


Kalian pasti berpikir bagaimana kehidupan merekan di luar angkasa sana? Bagaimana cara mereka melaksanakan aktivitas sehari-hari mereka seperti makan, minum, mandi,dll? Nah, selanjutnya kita cari tau tentang itu..


Makanan


Makanan di luar angkasa


Bentuk makanan bersegel yang di konsumsi Astronot
Makanan makanan itu ternyata diciptakan dan diproduksi untuk para astronot dan kosmonot di Stasiun Luar Angkasa Internasional oleh perusahaan induk yang bernama SPACEHAB / Johnson Engineering, dan berbentuk dalam kemasan bersegel siap makan. Makanan ini sudah memenuhi standart makanan khusus para pekerja di gravitasi rendah. Bahkan eskrim khusus makanan pun ada juga, wihh.. Sebagai minumnya ialah purifikasi terhadap air urine yang ada untuk di daur ulang menjadi air layak minum. Mungkin kalian merasa jijik kan? Tapi mengenai rasanya menurut beberapa Astronot memiliki rasa yodium yang tajam.


Mandi


Para astronot membersihkan tubuh mereka dengan handuk basah, dan mencuci rambut mereka dengan shampo tanpa air atau mencuci tangan dengan kran seperti kita di bumi. Ketika para astronot ingin memcuci tangan atau wajah mereka, mereka akan mengusapnya dengan alkohol atau menggunakan handuk basah yang telah diberi sabun. Jika para astronot ingin mencuci rambut mereka, mereka menggunakan shampo tanpa air yang tidak membutuhkan air untuk dapat dibilas. Shampo tanpa air ini digunakan karena tidak ada busa yang dapat mengganggu di pesawat luar angkasa. Jika sudah selesai, mereka akan menggunakan handuk untuk mengeringkannya. Untuk membersihkan tubuh mereka, mereka cukup menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan sabun.



Pakaian



Pakaian sehari-hari


Pakaian khusus
Dalam kabin, ruangan dijaga agar tetap bertekanan 1 Atmosfer, suhu dan kelembabapan. Oleh karena itu, para astronot tidak memerlukan pakaian khusus kecuali pakaian warna oranye yang dipakai ketika peluncuran dan saat kembali ke bumi. Para astronot mengenakan pakaian yang sama dengan kita di bumi


Toilet luar angkasa
Toilet luar angkasa
Di dalam pesawat luar angkasa tidak ada bak mandi atau shower, tapi ada toilet. Toiletnya seluas 1 x 1 meter. Laki-laki dan perempuan menggunakan toilet yang sama. Toiletnya mirip seperti toilet orang barat yang kita gunakan di bumi. Meskipun demikian, ada sedikit perbedaan. Para astronot mengikatkan tubuh mereka di toilet sehingga mereka tidak melayang. Kemudian mereka menggunakan alat seperti vacuum-cleaner untuk menyedot sampah buangan. Sampah buangan ini kemudian dikeringkan dalam vacuum.Toilet tidak dipisahkan oleh pintu, melainkan hanya korden. Jadi, kalian bisa bayangkan suara dari dalam toilet pasti terdengar dari luar. Meskipun begitu, di dalam pesawat luar angkasa sangat bising. Suara dari kipas angin, motor, dan alat-alat bising lainnya terlalu berisik saat toilet digunakan, sehingga suara dari dalam toilet tidak akan terdengar dari luar. Agar dapat duduk dengan pas di penyedot toilet yang hanya berukuran 10 cm, para astronot menggunakan peralatan pelatihan yang dilengkapi dengan kamera.


Hiburan

Hiburan astronot


Astronot diperbolehkan membawa barang-barang mereka sendiri. Mereka dapat menghabiskan waktu luang mereka dengan membaca buku favorit mereka, mendengarkan musik, dll. Karena bumi dan bintang-bintang terlihat indah dari jendela pesawat luar angkasa, mereka juga sering memandangi jendela dan mengambil foto.Di Stasiun Luar Angkasa Internasional, mereka dapat menonton film dari DVD, dan sekali seminggu mereka dapat berbicara dengan keluarga mereka di bumi. Selain itu para astronot juga sekarang bisa internetan seperti kita di bumi.


0 komentar:

Posting Komentar