Sabtu, 21 Maret 2015

Perbedaan Sekolah Indonesia dan Jepang

Sekolah adalah tempat yang mampu membawa seseorang untuk bisa mencapai cita-cita yang diinginkannya. Namun ternyata sekolah di setiap negara di dunia ini ada yang berbeda entah itu dari segi peraturan atau bahkan tradisinya. Hal ini pulalah yang membuat banyak sekolah yang lebih maju daripada sekolah yang lain. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa perbedaan sekolah Indonesia dan luar negeri khususnya di Jepang yang cukup mencolok.


1. Transportasi



Hal pertama yang merupakan perbedaan dari adanya sekolah Indonesia dan juga luar negeri khususnya Jepang adalah dengan adanya beda hal transportasi. Transportasi yang digunakan oleh para siswa di Jepang ini adalah bis sekolah dan tidak pernah dijumpai dengan sepeda bermotor atau mobil pribadi sebagai alat trasportasi anak sekolah dan yang digunakan untuk berangkat serta pulang sekolah adalah bis sekolah. Sedangkan di Indonesia ini para siswanya diperbolehkan untuk membawa alat trasportasi pribadi ke sekolah sehingga tidak heran bahwa ada banyak anak sekolah yang belum memiliki surat lengkap menaiki kendaraan dan tidak sedikit pula ada banyak kecelakaan yang terjadi di kalangan siswa.


2. Bangunan



Hal berikutnya yang juga sangat terlihat perbedaan antara sekolah Indonesia dan juga Jepang adalah dari segi bangunannya. Bisa dilihat bahwa di Indonesia ini bangunan sekolahnya cukup besar dan juga terdiri dari berbagai kelas, namun keadaan lapangan sekolah ini banyak dijadikan sebagai beberapa fungsi, tidak hanya itu tapi juga keadaan toilet dan juga ruang kelasnya cukup kotor. Berbeda dengan yang ada di Jepang, bangunan disini dibuat minimalis dan juga lebih banyak membuat lapangan atau tempat yang digunakan dengan fungsi sendiri. Keadaan toilet dan ruang kelasnya pun bersih serta juga ada peran siswa dalam membershikan kelasnya sendiri agar terasa nyaman.


3. Seragam



Mungkin dari setiap sekolah di dunia ini memiliki seragam sekolah yang berbeda dan juga hal ini bisa dijadikan sebagai ciri khas sekolah tersebut. Namun ternyata ada perbedaan mendasar mengenai seragam sekolah yang ada di Indonesia dan juga di Jepang ini. Jika kita lihat seragam sekolah Indonesia ini akan identik dengan kemeja putih dan celana atau rok panjang yang warnanya disesuaikan dengan jenjang sekolahnya. Di Jepang, seragam sekolahnya terlihat lebih rapi dengan kemeja yang digabungkan dengan jas serta celana panjang dan juga rok pendek bagi siswinya. Untuk coraknya biasanya disesuaikan sesuai dengan kebijakan sekolahnya.


4. Jam Masuk



Lamanya waktu belajar dan juga jam masuk serta pulang sekolah ini juga menjadi perbedaan bagi sekolah yang ada di Jepang dan juga Indonesia ini. Di Jepang, sekolah dimulai pada waktu 8 pagi dan juga 3 sore dan memiliki sekitar satu jam waktu istirahatnya. Di sekolah Jepang ini sangat disiplin waktu sehingga ada hukuman berat berupa diskorsing jika siswa terlambat dan juga tidak diperbolehkan untuk meninggalkan jam pelajaran sekolah. Hal ini sebenarnya juga hampir sama dengan sekolah Indonesia, namun perbedaannya terletak pada jam masuk yang relatif lebih pagi dan juga siswa bisa menggunakan berbagai alasan untuk meninggalkan jam pelajaran karena kedisiplinannya kurang berlaku.

0 komentar:

Posting Komentar