Senin, 23 Maret 2015

Kota-Kota Kuno yang Tenggelam Secara Misterius (Part 4)

Dwarka



Selain memiliki pengaruh yang besar pada sebuah peradaban, serta disinyalir memiliki sebuah masa lalu yang kemudian menyebabkannya tenggelam, ternyata ada pula kota-kota tenggelam yang memiliki kaitan erat dengan sebuah kepercayaan. Ya, salah satu kota tersebut adalah Dwarka. Oleh sebagian besar masyarakat beragama Hindu, kota Dwarka digambarkan sebagai sebuah kota kuno yang dibangun di tepi sebuah sungai bernama sungai Gomati. Kota ini kemudian memiliki sebuah kisah yang begitu melegenda di kalangan umat Hindu. Dalam ceritanya, dikisahkan bahwa Dewa Krishna telah membangun sebuah kota indah yang memiliki kekayaan berlimpah. Kota tersebut dilengkapi dengan istana yang terbuat dari emas, perak, dan berbagai logam mulia lainnya. Sayangnya, kota Dwarka kemudian tenggelam ke dalam laut.

Kisah mengenai kota Dwarka kemudian dikisahkan kembali dalam kitab Mahabharata dan Purana, walaupun kisahnya masih menyisakan pro dan kontra yang kemudian dianggap hanya sebagai kisah lama atau mitos belaka. Demi menemukan kebenarannya, maka sebuah tim arkeolog pun kemudian memutuskan untuk melakkan sebuah penyelidikan. Dan penyelidikan tersebut akhirnya terus berlanjut hingga tahun 2000. Dan pada tahun tersebut, akhirnya tim arkeolog berhasil menemukan sebuah titik terang. Ya, mereka berhasil menemukan sebuah reruntuhan besar yang letaknya berada di daerah Cambay. Setelah diteliti lebih lanjut, tim arkeolog memperkirakan bahwa reruntuhan tersebut memiliki struktur yang mirip dengan sebuah kota.

Penelitian rupanya tak berhenti sampai di situ saja. Sebab setelah menemukan reruntuhan yang diyakini sebagai struktur sebuah kota, maka tim arkeolog kemudian melakukan penyelidikan lebih lanjut hingga akhirnya mereka berhasil menemukan beberapa artefak yang salah satunya menunjukkan tanggal yang bertuliskan sebuah tahun. Dalam artefak tersebut tercantum “Tahun 7.500 SM (Sebelum Masehi)”. Walaupun belum diputuskan secara pasti, namun tim arkeolog tersebut memperkirakan bahwa reruntuhan yang mereka temukan tersebut adalah reruntuhan dari kota Dwarka Kuno yang tenggelam sejak beribu-ribu tahun silam.

0 komentar:

Posting Komentar