Senin, 23 Maret 2015

Gua-Gua yang Dialihfungsikan

Gua kerap digunakan sebagai tempat pertapaan atau rumah oleh manusia pada masa lampau. Dan tak jarang, gua pun juga kerap digunakan sebagai obyek wisata. Namun sepertinya, di kehidupan modern yang seperti ini, gua telah dialihfungsikan sebagai tempat-tempat yang terbilang unik dan tak biasa. Seperti apa ulasan lengkapnya? Yuk, baca lanjutan artikelnya hingga berakhir.

1. Gua Ayala (Dialihfungsikan Menjadi Diskotik) 

Foto Gua Ayala Oleh Unik SegiEmpat
Jika banyak gua dijadikan sebagai obyek wisata lantaran memiliki panorama yang indah, maka lain halnya dengan Ayala yang justru dialihfungsikan menjadi sebuah diskotik. Gua yang terletak di kota Trinidad ini telah menjadi salah satu destinasi hanghout bagi para pemuda Kuba. Kondisi gua yang alami tak diubah sedikit pun, bahkan stalaktitnya yang menggoda mata masih tetap dibiarkan menggantung di dinding-dinding gua. Uniknya, diskotik ini memiliki berbagai “furnitur” seperti kursi dan ornamen-ornamen yang terbuat dari bebatuan. Suasana meriah semakin terasa ketika lampu berwarna-warni dan musik khas Kuba dinyalakan.

2. Gua Khao Luang (Dialihfungsikan Menjadi Kuil)

Foto Gua Khao Oleh Unik SegiEmpat
Tak hanya Ayala, gua Khao Luang pun juga telah berganti fungsi. Namun bedanya, gua yang terletak di Thailand ini telah dialihfungsikan menjadi sebuah kuil. Gua Khao Luang biasa digunakan oleh orang-orang yang tinggal di Provinsi Phetcaburi sebagai tempat beribadah, khususnya bagi mereka yang menganut ajaran agama Buddha. Seperti halnya kuil-kuil Buddha pada umumnya, gua Khao Luang ini juga dilengkapi dengan 170 buah patung Buddha yang telah dibuat sejak pemerintahan Raha Chulalongkon.

3. Gua Cappadocia (Dialihfungsikan Menjadi Hotel)

Foto Gua Cappadocia Oleh Unik SegiEmpat
Tak hanya Ayala dan Khao Lang saja yang telah dialihfungsikan menjadi sebuah tempat yang begitu unik. Sebab gua Cappadocia yang terletak di Turki ini juga mengalami hal yang serupa. Namun bedanya, gua Cappadocia terbentuk dari proses alami setelah terjadinya erosi sejak 10 juta tahun silam. Gua yang terletak di Gunung Erciyas dan Hasan ini telah dialihfungsikan menjadi sebuah hotel yang begitu indah. Selain memiliki kondisi geologis yang unik, Cappadocia sendiri dikenal sebagai kawasan yang memiliki sejarah berharga bagi bangsa Turki. Hotel yang terletak di dalam Gua Cappadocia memiliki warna yang beragam, mulai dari merah, abu-abu, hingga kuning keemasan. Namun sebelum dialihfungsikan menjadi hotel, gua ini sempat dijadikan sebagai gereja pada zaman kekaisaran Romawi. Suasana kekristenan semakin kental terasa saat Anda memasuki hotel dan melihat banyak lukisan-lukisan khas agama Kristen yang dipajang di dinding-dinding hotel. Selain hotel gua Cappadocia, ada lagi satu hotel gua yang tak kalah indahnya, yakni Hotel Gamisaru.

4. Gua Dongzhong (Dialihfungsikan Menjadi Sekolah)

Foto Gua Dongzhong Oleh Unik SegiEmpat
Unik! Sebuah kawan yang terletak di bagian barat daya China ini telah mengalihfungsikan sebuah gua menjadi sekolahan. Gua yang terletak di Provinsi Gunzhou ini merupakan sebuah gua yang telah mengalami proses sejak ribuan tahun silam dengan bantuan air dan gerakan bumi. Sekolah gua ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti fasilitas olahraga, kelas-kelas yang digunakan sebagai proses belajar mengajara, dan bangunan-bangunan kecil lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar