Senin, 23 Maret 2015

Karya-Karya Film Terinspirasi Dari Perjalanan Hidup Nelson Mandela

Kepergian sosok Nelson Mandela beberapa waktu lalu memang sangat menggores luka banyak orang yang ada di berbagai belahan dunia. Sebab, jasanya yang besar untuk membebaskan diskrimnasi kaum kulit hitam merupakan sejarah yang tak dapat dihapuskan. Bukan hanya itu, Mandel juga memiliki berbagai jasa lainnya yang sangat menginspirasi banyak orang. Hingga akhirnya timbul keinginan dari suatu pihak untuk mengabadikan perjalanan hidup seorang Nelson Mandela dalam sebuah film. Kira-kira, film apa saja ya yang terinspirasi dari perjalanan hidup Nelson Mandela? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Mandela: Long Walk to Freedom



Salah satu film yang terinspirasi dari perjalanan hidup Nelson Mandela adalah “Mandela: Long Walk to Freedom”yang dirilis pada tahun 2013 silam. Film ini terinspirasi dari buku dengan judul yang sama yang telah dipublikasikan pada tahun 1994 silam. Film biografi ini disutradarai oleh Justin Chadwick dan naskahnya ditulis oleh William Nicholson. Long Walk to Freedom sendiri baru saja ditayangkan pada tanggal 7 September 2013. Film ini mengisahkan kehidupan pribadi sang mantan pemimpin Afrika Selatan yang berjuang keras untuk mendapatkan kesetaraan ras bagi bangsanya. Mandela sejak kecil memang harus mendekam dibalik jeruji penjara dan baru saja dibebaskan 27 tahun kemudian.



2. Invictus



Film lainnya yang terinspirasi dari perjalanan hidup Nelson Mandela adalah Invictus. Invictus juga merupakan sebuah film biografi yang dirilis pada tahun 2009 dan disutradarai oleh seorang sutradara yang hebat, Clint Eastwood. Invictus mengisahkan bagaimana proses berakhirnya apartheid di Afrika. Saat itu, Afrika telah menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan rugby pada tahun 1995. Apartheid sendiri merupakan sebuah hukum yang diciptakan oleh colonial Inggris yang saat itu tengah menjajah Afrika Selatan. Apartheid memiliki arti “Pemisahan antara ras kulit putih dengan ras kulit hitam”. Apartheid dianggap sebagai salah satu tindakan rasisme yang membuat orang kulit hitam diperbudak.



3. Goodbye Bafana



Satu lagi film yang terinspirasi dari perjalanan hidup seorang Nelson Mandela. Film tersebut adalah Goodye Bafana, sebuah film yang dirilis pada tahun 2007 silam. Film ini menceritakan bagaimana kehidupan yang dialami oleh Mandela di dalam penjara. Seperti yang telah diketahui, Mandela terpaksa harus dihukum penjara selama 27 tahun lantaran terus saja mendorong para orang kulit hitam untuk meninggalkan Afrika Selatan dengan cara yang illegal. Seorang sipir penjara ternyata sangat setuju dengan tindakan Mandela. Oleh sebab itu, ia pun kemudian bersahabat baik dengan Mandela walaupun pada saat itu, persahabatan antar para tahanan merupakan hal yang sangat dilarang. Film ini memiliki latar belakang yang dikemas secara apik dan jelas sehingga Anda dapat memahami secara benar bagaimana perjalanan hidup dari Nelson Mandela.

0 komentar:

Posting Komentar