Rabu, 03 September 2014

Sekilas Tentang Tulungagung



Siapa yang tak kenal dengan Negara Indonesia coba? Negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara dan dilalui oleh garis khatulistiwa. Serta terletak di antara dua benua yaitu, Benua Asia dan Benua Australia juga terletak di antara dua samudera yaitu, Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Dan juga Negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah serta merupakan kepulauan terbesar di dunia (13.466 pulau), yang tak kalah penting memiliki ragam kebudayaan, agama, suku, dan bahasa. Dalam bidang warisan budaya yang terkenal adalah batik. Beberapa daerah yang terkenal akan industri batiknya ialah Yogyakarta, surakarta, Cirebon, Garut, Tasikmalaya, Pekalongan.

Indonesia


Selanjutnya kita akan mengulas sedikit mengenai salah satu kabupaten di Indonesia, yaitu kabupaten Tulungagung yang terletak di Pulau Jawa, Provinsi Jawa Timur. Versi pertama, nama "Tulungagung" dipercaya berasal dari kata "Pitulungan Agung" (pertolongan yang agung) sedangkan Versi kedua berasal dua kata, tulung dan agung, tulung artinya sumber yang besar, sedangkan agung artinya besar. Dalam pengartian berbahasa jawa, Tulungagung adalah daerah yang memiliki sumber air yang besar. Terletak sekitar 154 km Barat Daya dari ibu kota Jawa Timur, Surabaya. Tulungagung merupakan salah satu penghasil marmer terbesar di Indonesia. selain itu, juga merupakan daerah penghasil batik yaitu batik Gajah Mada, batik Baronggung, dan batik Satriyo Manah Kabupaten Tulungagung memiliki 19 kecamatan, 257 desa, 14 kelurahan, 1830 RW dan 6239 RT. Kecamatan yang mempunyai jumlah desa terbanyak adalah kecamatan Gondang (20 desa), sedangkan yang mempunyai jumlah desa paling sedikit adalah Kecamatan Tanggunggunung (7 desa).


Peta Tulungagung



LETAK GEOGRAFI

o   Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Kediri

o   Sebelah selatan berbatasan dengan samudera Hindia

o   Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Blitar

o   Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek

PARIWISATA

Banyak tempat wisata alam yang terdapat di Tulungagung dan bisa anda kunjungi jika berkunjung ke Tulungagung, antara lain:
Pantai Popoh, sekitar 28km Tulungagung



Pantai Popoh
Pantai Coro, lokasinya di desa Spring
Pantai Coro



      Pantai Sine, lokasinya di Dusun Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir


Pantai sine
      Air Terjun Lawean, lokasinya Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang


Air Terjun Lawean
     Bedungan Wonorejo, lokasinya di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo


Bendungan Wonorejo


      Alun Alun Tulungagung (Taman Kusuma Wicitra)



Alun Alun Tulungagung


      Masjid Al Munawwar, lokasinya sebelah barat Alun Alun Tulungagung


Masjid Al Munawwar


WISATA KULINER

·         Gethi

·         Jenang sabun

·         Sompil

·         Cenil

·         Gethuk

·         Nasi pecel

·         Nasi lodho


WISATA BUDAYA

·         Reog Kendang Tulungagung

Selain di ponorogo di Tulungagung juga tedapat reog, perbedaannya terletak pada alat yang dipakai. Dimana reog Tulungagung menggunakan gendang untuk irama musiknya selain juga untuk sarana penari.

Reog Kendang

·         Jaranan

Ada beberapa macam jaranan di Tulungagung antara lain:jaranan campursari,jaranan senterewe,jaranan pegon,jaranan jawa.


·         Manten kucing
Upacara manten kucing di lakukan oleh masyarakat di kecamatan campurdarat upacara ini bertujuan untuk mengundang hujan. Upacara manten kucing ini menyertakan sepasang muda mudi yang berpakaian seperti pengantin sambi mengendong sepasang kucing yang didandani seperti pengantin juga.
Manten Kucing


·         Tiban

Ritual Tiban adalah tari sakral untuk mendatangkan hujan. Ritual tiban biasanya dilaksanakan di musim kemarau.
Upacara Tiban

 

3 komentar: