Senin, 23 Maret 2015

Fakta-Fakta Unik Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang paling ditunggu oleh para warga muslim di dunia karena merupakan bulan yang penuh berkah dan juga karunia dari Allah. Seperti yang kita ketahui bahwa bulan Ramadhan ini adalah bulan yang hanya datang sekali sepanjang tahun sehingga hanya sekali dalam setahun kita bisa merayakan mulai dari puasa hingga hari raya yang merupakan hari kemenangan. Oleh karena itu, tidak heran jika ada banyak hal unik yang menyertai segala hal di bulan Ramadhan ini. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa fakta unik mengenai bulan Ramadhan.

1. Tanggal Ramadhan

Foto tanggal ramadhan bergeser oleh unik SegiEmpat

Di jaman yang semakin berkembang saat ini, dalam mengetahui sebuah kejadian yang penting bisa dilakukan dengan sistem penanggalan modern yang bisa kita ketahui saat ini. Namun sistem penanggalan yang saat ini kita ketahui sangat berbeda dengan sistem penanggalan jaman dahulu. Dengan begini, sudah bukan rahasia lagi jika sistem tanggal jaman sekarang dengan tanggal islam berbeda dan hal inilah yang menyebabkan tanggal dari awal puasa ini bisa berbeda-beda tiap tahunnya. Bahkan hal ini bisa diketahui dengan adanya jarak sekitar 11 hingga 12 hari lebih awal dari tahun sebelumnya.

2. Sahur dan Buka Bersama

Foto sahur dan buka bersama oleh unik SegiEmpat

Jika bulan puasa tiba, maka hal yang bisa dijadikan sebagai hal utama dan terpenting dari bulan Ramadhan ini adalah adanya sahur dan juga buka puasa. Sahur ini adalah makan yang dilakukan pada dini hari untuk mempersiapkan diri untuk tidak makan selama lebih dari 12 jam dan buka puasa adalah makan yang merupakan pertanda puasa kita sudah selesai. Hal yang unik mengenai bulan puasa ini adalah dengan adanya kegiatan sahur dan juga buka puasa bersama yang dilakukan biasanya dengan orang yang membutuhkan. Hal ini sepertinya telah menjadi tradisi yang sangat unik dan kental pada saat bulan puasa. Bahkan hal yang juga tak kalah seru adalah adanya kegiatan membangunkan orang sahur yang biasanya dilakukan dengan menggunakan bedug.

3. Penukaran Uang Baru Meningkat

Foto penukaran uang baru meningkat oleh unik SegiEmpat

Fakta berikutnya yang merupakan fakta unik adalah dengan adanya kasus penukaran uang baru yang meningkat bahkan ada beberapa orang yang bekerja sebagai jasa penukaran uang musiman hanya pada saat bulan puasa ini. Hal ini banyak dilakukan oleh warga muslim dengan tujuan untuk memperoleh mata uang yang baru dan bagus untuk nantinya akan dibagikan kepada anak-anak kecil sebagai tradisi idul fitri. Dengan adanya untung yang cukup menggiurkan, maka banyak orang yang berjualan uang baru ini dan menukarkannya dengan uang konsumen dengan jumlah lebih yang telah disepakati.

4. Masjid Ramai di Awal Bulan Ramadhan

Foto masjid ramai pada awal bulan puasa oleh unik SegiEmpat

Fakta yang satu ini bisa jadi merupakan fakta yang banyak kita jumpai pada saat bulan Ramadhan. Fakta ini adalah ramainya masjid-masjid atau mushola-mushola yang ada disekitar kita yang memiliki jamaah lebih banyak daripada biasanya. Namun, keramaian ini adalah keramaian yang hanya ada pada awal bulan Ramadhan saja. Hal ini adalah hal yang bisa menunjukkan antusias warga muslim akan datangnya bulan Ramadhan ini, namun sebaiknya jika aktifitas pergi ke masjid untuk sholat berjamaah ini harusnya terus dilakukan hinggal akhir Ramadhan jika tidak ada halangan apapun.

0 komentar:

Posting Komentar