Sabtu, 21 Maret 2015

Kejadian Yang Hampir Berakhir Perang Nuklir

Perang nuklir adalah salah satu hal yang paling dihindari di dunia karena perang nuklir ini adalah perang yang sangat berbahaya dan tidak hanya bisa menimbulkan kematian pada tentara namun juga bagi warga yang ada di sekitar tempat kejadian. Hal inilah yang membuat perang nuklir ini dihindari sehingga diusahakan setiap perang bisa diselesaikan dengan jalan sportif adu tenaga dan strategi. Namun ada beberapa kejadian yang bisa dikatakan menjadi kejadian tercetusnya perang nuklir ini. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa kejadian yang hampir berakhir sebagai perang nuklir di dunia.


1. Kejadian Roket Norwegia



Kejadian pertama yang menjadi salah satu kejadian yang merupakan perang adalah sebuah insiden dari adanya peluncuran roket yang dilakukan oleh negara Norwegia. Hal ini adalah hal yang cukup mengagetkan karena peluncuran dan peledakan roket Black Brandt XII ini mendadak dilakukan dari kapal selam yang dimiliki oleh Norwegia. Bahkan pemerintahan Moskow percaya bahwa roket tersebut adalah sebuah invasi negara Norwegia untuk menghancurkan Rusia dilihat dari jarak dan juga efek yang ditimbulkan roket tersebut. Hal ini sempat memicu adanya perang nuklir yang akan diluncurkan Rusia, namun beruntung ketika ternyata roket Norwegia ini hanya menghantam laut Norwegia sendiri dan meledak di dalamnya dan prediksi Rusia ini ternyata salah.


2. Kejadian Duluth Air Base Intruder



Kali ini kita akan membahas mengenai sengitnya perang antara Kuba dan juga Uni Soviet. Perang ini terjadi perang yang sangat krusial sehingga adanya kecurigaan yang tinggi antar dua negara ini. Kejadian ini adalah kejadian yang bernama Duluth Air Base Intruder. Kejadian ini adalah kejadian yang saat itu ada penyusup yang masuk ke dalam pagar militer Kuba dan hal ini langsung ditembaki lalu petugas memberikan sinyal ke lapangan udara Kuba utama. Namun sinyal tersebut disalah artikan oleh petugas di lapangan udara utama yang menganggap bahwa sinyal tersebut adalah sinyal untuk lepas landas dan menjatuhkan rudal nuklir kepada Uni Soviet. Namun hal ini berhasil dicegah oleh petugas lainnya yang menjelaskan mengenai arti dari sinyal tersebut dan orang yang dianggap penyusup ini adalah seekor beruang saja.


3. Kejadian Tape di Amerika Serikat



Perang yang juga terjadi di tahun 1979 ini adalah sebuah perang yang terjadi antara Amerika Serikat dan juga Rusia. Pada saat itu, ketika kedua negara ini sama-sama tegang, petugas yang memperlihatkan mengenai sebuah tape ini melihat adanya sebuah sinyal atau komando yang menjelaskan bahwa telah terjadi sebuah invasi yang dilakukan oleh Rusia ini. Di dalam tape ini memperlihatkan bahwa Rusia telah mengirim adanya rudal yang berbahaya ke wilayah Amerika dan hal ini membuat Amerika dengan tindakan yang sangat krusial yaitu dengan mengirimkan rudal berisi nuklir ke Rusia. Namun hal ini tidak sampai terjadi karena petugas mengetahui bahwa kejadian itu adalah kesalahan dari tape Amerika Serikat tersebut.


4. Kejadian U-2 Konfrontasi



Kejadian berikutnya yang menjadi kejadian yang hampir menyebabkan perang nuklir adalah konfrontasi pesawat U-2. Hal ini terjadi ketika perang Kuba dan juga Uni Soviet yang pada saat itu pesawat U-2 ini sengaja diterbangkan diatas Uni Soviet dalam perjalanannya dari Alaska ke Kutub Utara. Namun hal ini disalah artikan sebagai adanya sebuah serangan dari Kuba ke Soviet dan hampir saja terjadi perang nuklir untuk menghanguskan pesawat dan menyerang balik Kuba. Namun sepertinya kesalahpahaman ini berhasil diselesaikan dan pesawat ini bisa mendarat di Kuba dengan sangat baik.

0 komentar:

Posting Komentar