Senin, 23 Maret 2015

Rasa Sakit yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Pada bagian tubuh tertentu, mungkin Anda sering tiba-tiba sakit, namun Anda tidak menghiraukannya dan menganggapnya biasa saja. Karena beberapa rasa sakit tersebut bisa saja menjadi gejala awal dari penyakit yang mematikan, mulai sekarang sebaiknya Anda mulai waspada dan berhati-hati.
Berikut ini adalah beberapa jenis gangguan ringan yang bisa saja menjadi gejala dari beberapa penyakit mematikan, yaitu :
  • Rasa sakit pada kepala
    Sandra Fryhofer, MD, MACP, juru bicara American College of Physiciansmengungkapkan bahwa “jika Anda sedang mengalami demam dan juga mengalami sakit kepala, maka Anda tidak boleh menganggap remeh karena hal itu bisa jadi ini adalah menjadi gejala sinus.” Jika sakit kepala tersebut berlangsung lama dan semakin parah, bisa juga Anda mengalami gejala perdarahan otak atau tumor otak. Fryhofer menambahkan, segera hubungi dokter dan periksakan diri Anda.
  • Rasa yang tidak nyaman pada dada
    Gejala penyakit jantung atau inflamasi paru-paru (pneumonia) biasanya ditandai dengan rasa nyeri atau tidak nyaman di dada. Biasanya rasa tidak nyaman yang dirasakan di dada bagian kiri atas, menjalar hingga ke bahu kiri, lengan dan bahkan disertai dengan mual berhubungan dengan penyakit jantung. Biasanya, pada wanita, tanda-tanda ketidaknyamanan tersebut lebih halus dan tidak kentara. Ketidaknyamanan di perut biasanya gejala dari penyakit jantung yang terjadi pada wanita. Jerome Cohen, MD dari Saint Louis University School of Medicine mengatakan bahwa “pada saat kondisi seorang wanita sedang lelah, biasanya gejala tersebut akan muncul dan banyak orang yang menganggapnya hanya sebagai sakit perut biasa.”
  • Rasa nyeri pada punggung bagian bawah
    Nyeri punggung bagian bawah kerap dihubungkan dengan penyakit arhtritis” kata Profesor Brangman dari SUNY Upstate Medical University diSyracuse, New York. Namun rasa sakit ini juga menjadi tanda awal dari gangguan kesehatan di perut atau serangan jantung. Brangman menambahkan “Salah satu bahayanya adalah diseksi aorta (pecahnya pembuluh darah aorta). Ini dapat terjadi jika orang tersebut memiliki riwayat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kebiasaan merokok.”
  • Rasa sakit pada perut
    Anda tidak bisa menganggap remeh rasa sakit pada perut. Karena di dalam perut terdapat organ-organ yang penting seperti kandung empedu, lambung, liver, usus dan organ penting lainnya. Salah satu tanda bahwa lambung Anda bermasalah adalah jika Anda mengalami sakit perut di sebelah kiri. Tanda bahwa kandung empedu dan liver Anda sedang mengalami gangguan adalah jika rasa sakit tersebut sering muncul di perut sebelah kanan. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera periksakan diri Anda ke dokter.
  • Rasa nyeri pada betis
    DVT atau Deep Vein Thrombosis , yaitu darah beku yang terdapat di pembuluh darah betis adalah salah satu bahaya yang umumnya kurang disadari. “Jika bekuan darah tersebut terlepas dan terbawa menuju paru atau terjadi pulmonary embolism, maka hal tersebut dapat berujung pada kematian,” kata Prof. Bangman.
  • Rasa terbakar yang terjadi pada kaki
    Rasa terbakar pada kaki biasa juga disebut dengan Peripheral neuropathy, dimana rasa sakit ini adalah salah satu gejala dari penyakit diabetes . Namun, hal ini biasanya tidak disadari oleh sebagian penderita diabetes. Biasanya, Peripheral neuropathy ditandai dengan terjadinya rasa sakit seperti ditusuk jarum dan terbakar pada bagian tungkai dan kaki. Setelah terjadi kerusakan saraf, maka gejala tersebut akan muncul.
  • Rasa sakit yang tidak terdeteksi secara medis atau terasa samar
    Thomas Wise, MD, seorang psikiater di Inova Faiefax Hospital mengatakan bahwa “umumnya penderita depresi akan mengalami rasa sakit di beberapa bagian tubuhnya.” Rasa sakit kepala yang samar-samar, sakit perut dan rasa sakit pada anggota tubuh lainnya, dialami oleh penderita depresi.
Biasanya, rasa sakit tersebut muncul bersamaan pada beberapa bagian tubuh. Rasa sakit ini terkadang diabaikan karena meskipun rasa sakitnya kronis namun rasa sakit ini tidak parah. Rasa sakit tersebut akan sulit untuk digambarkan ketika tingkat depresi Anda makin tinggi. Wise mengatakan bahwa “rasa sakit itu walaupun tidak parah perlu ditangani sebelum menyebabkan perubahan-perubahan struktural di otak.”
Segera hubungi dokter jika Anda mengalami gangguan tersebut agar Anda mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar