Senin, 23 Maret 2015

Hal yang Normal dan Tidak Normal Saat Berolahraga

Ketika sedang berolahraga mungkin Anda mengalami beberapa hal seperti urin yang berdarah atau keringat yang berlebihan. Para ahli mengatakan bahwa beberapa hal tersebut ada yang normal dan ada juga yang tidak normal.
Untuk hal yang normal, Anda harus bergembira karena metabolism tubuh Anda berjalan lancar dan Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan jika hal tersebut tidak normal karena ada beberapa hal yang dapat mengatasinya.

Hal yang normal jika :
1. Produksi air liur berlebih setelah berolahraga
Dalam sebuah studi yang dilakukan di Belanda pada tahun 2008 ditemukan bahwa produksi kelenjar air liur terdorong oleh aktivitas fisik. Sebuah program latihan dan kebiasaan mengkonsumsi protein memang kerap kali menyertai produksi air liur berlebihan ini.
Pengentalan air liur dalam tubuh disebabkan oleh terjadinya peningkatan mucins. Marnie Snyder Dominy, seorang pakar ilmu kesehatan dan fisiologis olahraga dari Olympic Collegedi Bremerton Washington, USA mengatakan bahwa “pengaruh lendir ini juga terjadi saat meningkatnya kecepatan napas Anda ketika berolahraga.
Ketika sedang berolahraga, cobalah untuk minum dan aturlah napas secara bergantian lewat mulut dan hidung untuk mengatasinya. Dengan cara ini, produksi air liur tidak akan berlebihan.
2. Bersin-bersin di awal berolahraga
John Salerno,D.O, seorang pakar kesehatan di New York City, USA mengungkapkan bahwa “itu karena histamin, protein yang timbul sebagai reaksi alergi akan diproduksi tubuh ketika kita berolahraga.”
Lalu, Salerno melanjutkan “kondisi ini bisa tambah parah dengan gerakan downward dogsaat Anda berlatih yoga atau ketika telungkup di atas hamstring curl machine, juga dapat meningkatkan aliran darah ke hidung, hingga akhirnya merangsang histamin keluar.”
Hal yang mungkin tidak normal jika :
1. Ketiak berkeringat lebih banyak daripada bagian tubuh lainnya
Hal yang Normal dan Tidak Normal Saat BerolahragaKeringat berlebih pada salah satu bagian tubuh terpicu oleh penyumbatan jalur tertentu dalam sistem saraf.Unilateral hiperhidrosisadalah sebutan untuk kondisi ini.
Anne Chapas, M.D, seorang pakar klinis dari NYU School of Medicine dan dokter kulit diNew York City, USA menjelaskan bahwa “hal ini bisa terjadi bila cedera pada bahu merusak saraf-saraf yang berhubungan dengan ketiak.
Infeksi bakteri akibat adanya luka atau kerusakan pada saraf yang mengontrol fungsi keringat dan air liur yang disebut dengan Holmes Adie syndrome juga dapat mengakibatkan terjadinya hal ini. Oleh karena itu, segeralah berkonsultasi dengan dokter jika salah satu bagian tubuh Anda terlihat lebih berkeringat.
2. Urin berdarah setelah berlatih sepeda
Bruce Mc Lucas, M.D., ob-gyn dari Ronald Reagan UCLA Medical Center  menguraikan bahwa “ada darah dalam urin (hematuria) sehabis berlatih sepeda dengan penuh semangat, memang bisa saja terjadi namun sangat jarang.
Dr Mc Lucas menjelaskan, “indikasi utama ada infeksi. Segera periksa ke dokter. Bisa juga karena iritasi pada urethra akibat tekanan pada vagina saat duduk di sepeda. Hal ini biasa dikeluhkan para pesepeda.”
Kerusakan jangka panjang pada urinary akan terjadi jika keluhan ini diabaikan dalam jangka panjang. Untuk mencegahnya, gunakan celana khusus untuk bersepeda atau gunakan tambahan bantalan.

0 komentar:

Posting Komentar