Senin, 23 Maret 2015

Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tidur

Seringkali Anda merasa kesulitan untuk tidur atau mengalami insomnia karena kesibukan aktivitas. Beredarnya beberapa mitos seputar masalah tidur seringkali membuat Anda memutuskan sesuatu yang belum dapat dipastikan kebenarannya demi mendapatkan tidur yang lelap dan nyenyak di malam hari.
Agar Anda tidak salah mengambil keputusan, ada baiknya agar Anda mengetahui beberapa fakta dan mitos yang berhubungan dengan tidur. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.
Berikut ini adalah beberapa fakta dan mitos seputar masalah tidur yang sebaiknya Anda ketahui
Mitos : seseorang membutuhkan tidur 8 jam dalam sehari
Faktanya adalah kebutuhan tidur yang berbeda, dimiliki oleh tiap orang. Waktu yang dibutuhkan seseorang untuk mengistirahatkan tubuhnya tidak harus 8 jam dalam sehari. Jumlah waktu tidur yang dibutuhkan pada siang hari berbeda dengan jumlah waktu tidur pada malam hari. Hal yang paling penting adalah mengetahui kebutuhan waktu tidur Anda sehingga Anda tidak perlu memberi batasan bahwa Anda harus tidur 8 jam dalam sehari.
Mitos : Tubuh Anda akan lebih sehat dengan tidur
Faktanya adalah dalam sebuah studi ditunjukan bahwa tidur yang berlebih belum tentu sehat. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa tingkat kematian yang rendah, dimiliki oleh orang yang tidur di antara 6-8 jam sedangkan tingkat kematian yang tinggi dimiliki oleh orang yang tidur dengan durasi lebih dari 8 jam.

Mitos : Di akhir pekan, Anda dapat mengganti tidur
Faktanya adalah ketika tubuh Anda memiliki jam bangun yang sama di pagi hari, maka hal itu berarti tubuh Anda memiliki konsistensi yang baik. Dampak yang buruk bagi kesehatan akan terjadi apabila Anda memiliki pola tidur yang kurang dalam keseharian dan menggantinya di akhir pekan. Karena Anda telah mengganti tidur di hari sebelumnya pada waktu siang hari, maka Anda akan mengalami kesulitan  untuk tidur di hari Minggu malam.
Mitos : Anda akan tidur lebih cepat dengan menonton TV
Faktanya adalah totalitas tidur Anda akan terhambat dengan menonton TV di waktu tidur. Suara dan lampu yang berasal dari televisi akan berdampak langsung pada otak. Akibatnya adalah tidur Anda akan menjadi tidak tenang dan nyenak. Anda juga akan terbangun di tengah malam karena suara dan lampu dari televisi.
Mengkonsumsi obat tidur
Faktanya adalah sejumlah efek samping dimiliki oleh obat tidur. Rasa kantuk yang dirasakan oleh tubuh tidak berasal dari tubuh, melainkan dari antihistamin. Anda akan tidak focus, mulut kering serta pandangan kabur karena antihistamin. Ketergantungan terhadap obat tidur adalah hal yang harus Anda khawatirkan.
Mitos : Tidur Anda akan lebih nyenyak dengan alkohol
Faktanya adalah Anda akan merasa lelah dan tertidur lebih cepat karena minuman beralkohol. Namun, Anda akan lebih sering terbangun sepanjang malam dan tidak akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.
Mitos : Berolahraga di sore hari akan memberikan tidur yang lebih lelap
Faktanya adalah Anda memang akan lebih mudah tertidur dengan berolahraga secara teratur. Namun pastikan bahwa Anda telah selesai berolahraga minimal tiga jam sebelum Anda tidur karena olahraga dapat meningkatkan suhu tubuh Anda sehingga tubuh memerlukan waktu untuk menurunkan suhu agar lebih mudah tertidur. Untuk mengembalikan suhu tubuh menjadi lebih normal, dibutuhkan waktu sekitar enam jam.

0 komentar:

Posting Komentar