Senin, 23 Maret 2015

Beberapa Olahraga Kuno yang Mengerikan

Olahraga adalah hal yang tidak dapat terlepas dari kehidupan sehari-hari, sehingga sulit berpikir untuk tidak hidup tanpanya. Olahraga modern sekarang ini sudah berumur ratusan tahun, dan orang-orang kuno dulu memiliki permainan mereka sendiri, yaitu beberapa olahraga kuno yang mengerikan dan seringkali memiliki resiko berdarah.



He’e Hölua
Kultur: Hawaii


Salah satu olahraga yang paling berbahaya, yaitu he’e hölua (kereta luncur Hawaii) adalah olahraga yang berasal dari Kepulauan Hawaii selama lebih dari 2.000 tahun. Olahraga ini adalah olahraga trekking disamping gunung berapi, dengan kereta luncur yang terbuat dari serat kayu dan kelapa. Saat berada dipuncak,, para pengendara akan meluncur kebawah dengan pose berbeda-beda.

Kecepatan kereta luncur ini bisa mencapai 80 km per jam, dan perlombaan ini sendiri dianggap sebagai bentuk penghormatan kepada Pele, dewi api dan gunung api Hawaii.



Pelota Purépecha
Kultur: Meksiko


Pelota purépecha adalah permainan pra-Hispanik yang mirip dengan hoki lapangan, dengan elemen api yang dimilikinya. Olahraga ini dimainkan dengan bola yang dibakar dengan api. Bola yang digunakan telah dilumasi dengan getah pinus dan lalu dibakar, dimana bola tersebut akan dipukul oleh para pemain dengan pemukul kayu. Setiap gawang akan diletakkan pada tiap tepi lapangan.

Bola itu sendiri diberi nama zapandukua, terbuat dari jalinan kain yang terbelit, dan permainan ini dilakukan pada malam hari, karena bola api akan terlihat lebih indah saat dimainkan dibawah sinar bulan.


Hurling
Kultur: Irlandia



Salah satu permainan terlama yang masih dimainkan saat ini. hurling ini semacam hoki yang digabung dengan lacrosse. Pada dasarnya, kedua tim menggunakan tongkat kayu, yang dinamakan hurley, untuk memukul bola kecil yang bernama sliotar agar masuk ke gawang. Pukulan bola ini sendiri bisa mencapai 145 km per jam, dan seringkali partisipan permainan ini berdarah ataupun mengalami bengkak.

Meskipun begitu, permainan ini tidak sebanding saat 3.000 tahun yang lalu, dimana permainan ini lebih dianggap sebagai perang, dan dapat berlangsung selama berhari-hari.


Chunkey
Kultur: Amerika Asli


Salah satu permainan tertua di Amerika Serikat, chunkey ini diperkenalkan oleh kultur masyarakat Mississippi yang dulunya ada di kota Cahokia. Pada dasarnya, semua orang bisa mengikuti permainan ini, dibagi dalam dua tim, meskipun permainan ini biasanya dilakukan satu lawan satu. Batu berbentuk piringan kecil akan akan digulingkan dari garis awal, dan tim lawan akan melempar tombak pada tempat dimana kira-kira batu tersebut akan berhenti.

Permainan ini sendiri cukup populer dan dianggap sangat serius, dan seringkali dijadikan bahan taruhan. Orang-orang yang kalah akan melakukan bunuh diri pada beberapa kasus, karena mereka telah mempertaruhkan semua milik mereka.

0 komentar:

Posting Komentar