Senin, 23 Maret 2015

Bahaya Menekan Tombol F5 (Refresh) Berlebihan

Tombol F5 pada keyboard berfungsi untuk merefresh desktop atau jendela kerja komputer Anda. Penggunaan refresh ini biasanya untuk membuat menstabilkan atau melihat perubahan yang telah Anda lakukan pada jendela kerja atau desktop komputer Anda. Misalnya, ketika Anda telah mengatur letak folder atau mengcopy file, untuk melihat hasil dari proses copy dan letak folder tersebut cukup dengan refresh.Bahaya Menekan Tombol F5 (Refresh) Berlebihan oleh tekno segiempat
Tapi, masyarakat yang tidak mendapatkan pengetahuan lebih lanjut tentang dunia komputer mengetahui fungsi dari refresh tersebut adalah untuk mempercepat kinerja dari komputer. Untuk melihat jelas fungsi dari refresh ini, sebenarnya bisa langsung terlihat pada halaman website yang Anda buka. Jika, halaman tersebut bermasalah atau tidak dapat diakses karena koneksi terputus, refresh adalah salah satu cara untuk dapat mengaksesnya kembali. Cara kerja refresh atau muat ulang pada halaman website dan pada komputer windows Anda adalah sama.
Jadi, bagi Anda para pakar IT atau mungkin yang telah mengenyam pendidikan dunia komputer pada universitas atau sekolah tinggi lainnya, jangan sampai hanya lulus dengan gelar saja. Tapi, untuk fungsi sebuah perintah pada komputer saja masih tidak dimengerti. Pasalnya, ketika Anda mengaplikasikannya pada masyarakat awam, mereka akan mengikuti arahan Anda karena Anda adalah seseorang dengan gelar IT.
Lanjut lagi tentang pembahasan refresh pada komputer. Untuk melakukan refresh pada komputer sebenarnya ada beberapa cara, yaitu dengan menekan tombol F5 pada keyboard atau dengan mengklik kanan > Refresh pada jendela desktop atau folder komputer Anda. Dan, untuk mempermudah refresh biasanya pengguna komputer ini hanya menggunakan tombol F5 beberapa kali, atau menekannya dalam waktu yang lama. Seperti yang Saya katakana di awal tadi, refresh pada komputer hanya untuk mengatur perubahan yang terjadi pada folder atau desktop Anda. Itu artinya ketika Anda melakukan refresh pada komputer Anda ada proses yang berjalan atau bekerja.
Ketika ada proses yang bekerja artinya CPU atau processor Anda tersebut pasti bekerja. Nah, inilah bahaya dari menekan tombol F5 berlebihan untuk merefresh desktop atau folder. Untuk mengetahui dengan jelas pengaruh refresh yang terjadi pada CPU komputer Anda bisa Anda lihat pada Task Manager.
  • Buka Taks Manager dengan menekan CTRL + ALT + DEL atau CTRL + Shift + Esc ini akan mengarahkan Anda langsung pada layar proses CPU.
  • Saat Task Manager terbuka coba lihat tekan tombol F5 pada keyboard dan perhatikan grafik yang terjadi pada Task Manager Anda, pasti mengalami peningkat yang berlebihan.
Jadi, sebenarnya Refresh pada komputer Anda itu sebenarnya tidak untuk mempercepat kinerja dari komputer Anda, tetapi malah sebaliknya. Ketika komputer Anda mengalami hang atau lag, jangan sekali – kali menekan tombol F5 itu malah akan membuat kinerja komputer Anda semakin berat, inilah yang biasa membuat komputer Anda restart dengan sendirinya karena kelebihan beban kerja.

0 komentar:

Posting Komentar