Senin, 23 Maret 2015

Fakta: Masalah Obesitas Bukan Karena Keturunan

Obesitas atau kegemukan merupakan gangguan kesehatan yang sangat serius. Pasalnya, masalah obesitas menjadi salah satu sumber penyebab munculnya berbagai jenis penyakit. Sebenarnya masalah kelebihan berat badan itu disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Pola makan yang tidak keratur, malas berolahraga dan yang terparah adalah sikap acuh untuk melakukan hidup sehat. Namun beberapa kalangn cenderung menghubungkan masalah kegemukan dengan masalah genetik. Dalam artian jika seseorang mengalami kegemukan itu dikarenakan faktor keturunan. Apakah keturunan obesitas itu benar-benar ada?

Di dunia kesehatan beberapa gangguan yang dialami oleh seseorang memang bisa disebabkan oleh keturunan. Seperti asma, jantung dan beberapa penyakit mematikan lainnya. Namun dari hasil penelitian tim dokter dan para pakar peneliti menemukan fakta bahwa masalah kelebihan berat badan itu bukan disebabkan oleh keturunan. Tidak ada orang tua yang menurunkan masalah obesitas yang dialaminya pada anaknya. Fakta tersebut terungkap setelah ribuan sampel penelitian dari ribuan kasus kegemukan di dunia. Dalam catatan hasil penelitian tersebut para pakar kesehatan di dunia tidak menemukan satu penelitian pun yang mengungkap fakta jika keturunan adalah salah satu penyebab masalah obesitas.

Dari hasil penelitian tersebut para dokter dan profesor kesehatan pun sepakat menyebut jika kelebihan berat badan itu murni disebabkan oleh orang itu sendiri. Sementara kegemukan yang dialami oleh anak itu adalah turunan pola hidup yang tidak sehat dari orang tuanya, atau karena kesibukan. Pasalnya, dalam rentetan penelitian yang dilakukan mereka menemukan fakta jika orang tua yang sibuk mengejar karir cenderung kurang perhatian dengan pola hidup anaknya. Hal tersebut pula yang terjadi pada sebuah keluarga yang mengalami kegemukan. Keturunannya mengalami kelebihan berat badan itu karena orang tuanya juga lebih acuh terhadap pola hidup buah hatinya. Satu lagi fakta yang paling mencengangkan adalah sikap dan perilaku orang tua yang justru memilih pola hidup yang tidak sehat sebagai pelepas kepenatan mereka setelah bekerja.

Jadi kesimpulannya masalah obesitas itu tidak disebabkan oleh faktor keturunan. Seseorang yang mengalami obesitas itu belum tentu diturunkan dari orang tuanya. Melainkan turunan yang dimaksud adalah pola hidup tidak sehat yang cenderung diajarkan oleh orang tua.

0 komentar:

Posting Komentar