Sabtu, 21 Maret 2015

Mengapa Anda Harus Mencuci Tangan Setelah Menggunakan Toilet?

Mungkin selama ini Anda telah mendengar atau melihat iklan atau kampanye tentang anjuran yang mengharuskan Anda untuk mencuci tangan Anda sebelum melakukan sebuah kegiatan, apalagi jika Anda ingin makan. Namun ternyata, tidak sedikit orang yang tidak mengindahkan anjuran ini. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalamJournal of Enviromental Health, ditemukan bahwa hanya lima persen orang yang mencuci tangannya dengan menggunakan cara yang benar.

Para pengamat dari Michigan State University sebagai pelaksana dari studi tersebut, melakukan dokumentasikan kebiasaan mencuci tangan terhadap 3.749 orang di toilet umum setempat. Para pengamat menemukan bahwa mereka yang tidak mencuci tangannya selama 15 hingga 20 detik setelah menggunakan kamar mandi sebanyak 95 persen dari. Waktu selama 15 sampai 20 detik adalah lamanya waktu yang direkomendasikan untuk membunuh kuman penyebab infeksi. Parahnya, mereka yang tidak menggunakan sabun pada saat membersihkan tangan sebanyak tiga persen dan bahkan yang sama sekali tidak mencuci tangan sebanyak 10 persen.

                               Mengapa Anda Harus Mencuci Tangan Setelah Menggunakan Toilet? oleh SegiEmpat

Tidak hanya toilet wanita yang mengalami kondisi ini, kondisi lebih parah ditemukan pada toilet pria. Pria yang sama sekali tidak mencuci tangannya sebesar hampir 15 persen, dibandingkan dengan wanita yang terbiasa untuk meninggalkan toilet tanpa mencuci tangan sebesar tujuh persen. Kemudian, wanita yang mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebesar 78 persen, sementara hanya 50 persen pria yang mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Carl Borchgrevink, PhD, profesor di Michigan State University, School of Hospitality Bisnis, yang juga pemimpin penelitian ini mengatakan bahwa “orang-orang berpikir tangan mereka lebih bersih daripada bagian tubuh lainnya.” Tapi nyatanya, mencuci tangan sesudah menggunakan toilet adalah hal terpenting, tidak peduli seberapa rapi penampilan Anda. Karena, toilet adalah tempat yang paling banyak digunakan oleh orang sepanjang hari sehingga merupakan tempat bakteri untuk singgah.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, ada banyak keberadaan bakteri, baik itu berasal dari toilet, kamar mandi, kran, dispenser dan permukaan benda lain yang Anda sentuh. Robert Klein, kepala divisi penyakit menular di St Luke and Roosevelt Hospital di New York City mengatakan dengan mudahnya bakteri dapat masuk ke dalam sistem pencernaan Anda, baik saat Anda menyentuh mulut ataupun lewat makanan yang Anda makan, bakteri tersebut kemudian dapat menyebabkan Anda dapat terjangkit virus atau infeksi dengan cepat.

Mencuci tangan Anda dengan benar adalah cara bertahan terbaik untuk melindungi Anda dari masuknya bakteri jahat ke dalam tubuh Anda, yang akan menimbulkan penyakit bagi Anda. Borchgrevink mengatakan dengan menggunakan sabun pada saat mencuci tangan, berarti Anda membantu untuk melepaskan bakteri dari kulit, saat Anda menggosoknya secara merata dan membilasnya dengan tuntas, hal tersebut berarti bahwa Anda telah memastikan bahwa bakteri tersebut telah terbuang ke lubang pembuangan air.

Seluruh proses tersebut harus dilakukan selama 20 detik untuk benar-benar menyingkirkan sebagian besar bakteri. Tubuh Anda akan terlindung dari bakteri jahat sehingga membuat Anda lebih sehat jika Anda menjaga kondisi tangan tetap bersih. Oleh karena itu, jagalah kesehatan tubuh Anda lewat tangan yang bersih.

0 komentar:

Posting Komentar