Senin, 23 Maret 2015

Tips-Tips Menghadapi Rasa Gugup di Depan Umum

Rasa gugup adalah rasa yang wajar dirasakan oleh semua orang di dunia ketika menghadapi suasana baru yang juga melibatkan banyak orang di sekitarnya. Tentunya Anda pernah bukan merasakan kaki Anda gemetaran dan juga kata-kata yang sulit diungkapkan ketika di depan umum? Namun rasa gugup ini bukan merupakan rasa yang tidak bisa diatasi. Ada beberapa trik dan juga tips yang bisa digunakan untuk menghadapi bahkan menghilangkan rasa gugup ini di depan umum yang bisa sangat membantu. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa tips menghadapi rasa gugup di depan umum.

1. Tenang

Foto bersifat tenang oleh unik SegiEmpat

Tipe pertama yang berguna untuk bisa menghadapi rasa gugup adalah dengan membuat diri Anda bisa setenang mungkin. Ya, gugup ini adalah rasa yang sangat tak karuan di dalam pikiran dan juga perasaan, sehingga jika Anda ingin mengalahkan rasa gugup dalam diri Anda ini, lebih baik untuk bisa menghilangkan semua rasa kacau dalam diri Anda dan membuat diri Anda dalam keadaan senyaman mungkin. Dengan pemikiran dan juga perasaan yang tenang dalam menghadapi masalah di depan umum ini membuat Anda bisa terhindar dari rasa gugup atau grogi.

2. Mengubah Persepsi

Foto ubah persepsi oleh unik SegiEmpat

Hal selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghadapi rasa gugup seseorang jika berada di depan umum adalah dengan cara mengubah persepsi. Dalam hal ini, persepsi yang harus diubah oleh seseorang yaitu adanya persepsi jika Anda kurang mampu dalam menghadapi masalah yang sedang Anda lalui dan jugapersepsi yang kurang berkompeten. Hal inilah yang membuat banyak orang merasa bahwa dirinya kurang percaya diri sehingga menimbulkan rasa gugup. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengubah persepsi tersebut menjadi persepsi bahwa Anda bisa melakukan semuanya dengan hebat dan juga harus tingginya percaya diri jika berbicara dengan orang yang lebih tinggi pendidikannya.

3. Gestur Tubuh dan Mimik Wajah

Foto gestur tubuh dan mimik wajah oleh unik SegiEmpat

Ternyata hal yang berkaitan dengan ekspresi wajah dan juga gerak tubuh ini turut ambil andil dalam mengatasi rasa gugup seseorang. Hal ini karena dengan keadaan tubuh yang rileks dan juga nyaman ini bisa mengurangi rasa gugup seseorang. Cobalah untuk membuat ekspresi wajah menjadi senang seperti banyak tersenyum dan juga usahakan gestur tubuh berada di titik yang nyaman bagi Anda. Cobalah untuk sedikit menggerakkan tangan sedikit dan juga berpindah tempat ketika sedang berada di muka umum untuk melakukan presentasi atau hal lainnya sehingga membuat Anda menjadi lebih tenang dan mulai terbiasa dengan keadaan tampil di depan umum.

4. Membiasakan Diri

Foto membiasakan diri oleh unik SegiEmpat

Hal yang merupakan tips paling mudah untuk bisa dilakukan untuk mengatasi rasa gugup ini adalah dengan cara membiasakan diri sendiri. Dalam hal ini, memang tidak banyak orang yang bisa langsung tidak marasa gugup ketika tampil di muka umum, namun dengan latihan yang dilakukan setiap hari dan juga kegiatan yang dilakukan dengan rutin bisa membuat seseorang tidak gugup lagi. Latihan yang digunakan untuk bisa membiasakan diri adalah dengan latihan berbicara di depan banyak orang seperti di depan teman dan juga keluarga, jadilah seseorang yang menjadi pembicara dalam topik pembicaraan dan hindarkan dari jadi pendengar karena, sedikit demi sedikit kemampuan Anda berbicara di depan umum akan meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar