Senin, 23 Maret 2015

Oleh-Oleh Khas Indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri dibanding dengan negara lainnya. Namun Indonesia ini juga memiliki destinasi yang banyak dan juga banyak keindahan tersendiri, serta juga memiliki beberapa barang yang merupakan kekhasan dari Indonesia. Barang-barang tersebut dijadikan sebagai oleh-oleh yang khas oleh para turis yang mendatangi Indonesia sebagai tempat liburannya. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa oleh-oleh khas Indonesia yang menunjukkan identitas setiap daerahnya.

1. Batik

 Foto batik oleh unik SegiEmpat
Oleh-oleh pertama yang merupakan sesautu kekhasan dari Indonesia ini adalah sebuah kain atau kayu batik. Ya, tentunya hal ini bukanlah hal yang aneh karena batik telah dipatenkan oleh UNESCO menjadi salah satu barang khas Indonesia. Banyak pula beberapa barang yang dibuat dengan motif batik ini di Indonesia dan juga batik sangat populer di Indonesia. Bahkan para turis akan membeli batik ini sebagai identitas dari negara yang pernah dikunjunginya yaitu Indonesia. Batik Indonesia ini adalah sebuah motif yang berbeda tiap daerahnya dan memiliki ke khasan tersendiri bahkan bagi pekerja negeri di Indonesia, diwajibkan untuk menggunakan batik ini di dalam beberapa kesempatan.

2. Koteka

 Foto koteka oleh unik SegiEmpat
Dibanding dengan semua oleh-oleh khas Indonesia, mungkin barang yang satu ini adalah sebuah barang yang sangat unik dan hanya ada di Indonesia. Barang ini adalah koteka. Koteka seperti yang kita ketahui adalah sebuah pakaian khas dari Papua dan merupakan pakaian para lelaki. Pakaian ini tidak seperti pakaian biasa karena berbentuk dari kayu dan juga berbentuk kerucut yang hanya diletakkan pada alat kelamin pria saja. Barang ini bisa dijadikan sebagai salah satu barang yang unik dan banyak diburu oleh para turis karena kekhasannya. Meskipun banyak warga Papua yang sudah tidak memakainya lagi, namun oleh-oleh ini sangat seru jika dibawah ke kampung halaman bukan?

3. Wayang Kulit

 Foto wayang kulit oleh unik SegiEmpat
Yang satu ini juga merupakan salah satu benda yang merupakan khas dari Indonesia. Sebagaimana sebuah negara, tentunya Indonesia juga memiliki berbagai karya seni dan juga pertunjukkan seni yang khas dan hanya dimiliki oleh Indonesia terlepas dari perkembangan IPTEK saat ini. Salah satunya adalah pertunjukkan wayang kulit. Pertunjukkan ini adalah perunjukan yang sangat unik sehingga banyak turis lokal dan juga mancanegara yang melihatnya dan juga membeli beberapa tokoh wayang kulit yang dibuat dengan kualitas yang baik. Hal ini lama kelamaan bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang khas dari Indonesia dari kulit kambing dan sapi yang juga dibuat berbeda-beda sesuai dengan wataknya.

4. Ukiran

 Foto ukiran oleh unik SegiEmpat
Barang yang satu ini adalah barang yang memiliki hubungan erat dengan Indonesia. Sama seperti batik yang merupakan salah satu barang khas Indonesia, ukiran ini juga memiliki hubungan yang merupakan kekhasan Indonesia. Ukiran ini adalah barang yang memang dibuat sendiri oleh para pengrajin dari Indonesia sehingga menimbulkan corak yang khas dan merupakan identitas setiap daerah yang membuatnya.

0 komentar:

Posting Komentar