Sabtu, 21 Maret 2015

Beberapa Minuman Ini Berasal Dari Kotoran Hewan

Tahu kah Anda? Ternyata kotoran hewan dapat menghasilkan minuman-minuman yang unik dan menyehatkan tubuh lho? Wah? Unik juga ya? Kira-kira, minuman apa saja kah yang berasal dari kotoran hewan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.


1. Teh Panda



Salah satu minuman yang dihasilkan dari kotoran hewan adalah teh panda. Ya, benar panda ternyata mampu menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi banyak orang. Setidaknya hal ini telah dibuktikan oleh seorang mantan guru yang pernah memanfaatkan kotoran panda untuk menghasilkan teh dengan kualitas tinggi. Bahkan, produk ini memiliki harga jual yang cukup mahal, yakni mencapai USD 200 atau setara dengan 1,9 juta rupiah per cangkirnya. Hal ini langsung membuat sang mantan guru bernama An Yanshi tersebut berubah menjadi seorang pengusaha kaya yang memiliki beton-ton kotoran panda yang hidup dipusat-pusat penangkaran di sekitar tempat tinggalnya.

An Yanshi pertama kali menjual teh kotoran panda sebanyak 50 gram dan konsumennya menggunakannya sebanyak 3 gram di setiap cangkir teh. Menurutnya, kotoran panda mampu menyuburkan dan aman dikonsumsi bagi tubuh. Sebab panda hanya mengonsumsi bamboo liar yang hanya menyerap sebagian kecil saja dari nutrisi yang ada di dalam makanan mereka.


2. Kopi Gajah



Bukan hanya panda, gajah pun ternyata juga dapat menghasilkan kotoran yang dapat dimanfaatkan sebagai minuman bagi manusia. Namun bedanya, kotoran gajah dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kopi. Orang pertama yang memiliki ide untuk memanfaatkan kotoran gajah sebagai kopi adalah Blake Dinkin. Dinkin pernah mencoba untuk memunguti kotoran gajah yang telah bercampur dengan kopi. Dinkin mengaku jika ia membutuhkan setidaknya 33 kilogram kopi mentah untuk menghasilkan 1kilogram kopi dari kotoran gajah. Hal itu dikarenakan gajah memiliki sistem pencernaan yang sangat kuat sehingga membuat banyak kopi hancur saat dicerna. Dinkin menjual kopi gajah dengan harga yang setara dengan 10 juta rupiah per kilonya.


3. Madu Semut



Satu lagi minuman yang dihasilkan dari kotoran hewan. Minuman tersebut adalah madu. Ya, benar sekali. Selama ini kita mengetahui bahwa madu dihasilkan dari lebah. Namun nyatanya spesies semut bernama Semut Madu atau Myrmecocystus ini ternyata juga menghasilkan madu. Semut madu akan mendapatkan asupan makanan dari semut pekerja dengan buangan pencernaan Aphid yang kemudian disebut dengan madu. Namun madu yang dihasilkan oleh semut madu sebenarnya tak sama dengan madu yang biasa dihasilkan oleh lebah. Madu yang dihasilkan oleh jenis semut ini merupakan buangan dari pencernaan kutu yang memakan getah tumbuhan yang mengandung kadar gula tinggi. Umumnya, jenis semut ini hidup di Australia dan suku Aborigin kerap menggali tanah untuk mencari keberadaan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar