Selasa, 16 September 2014

Menara Miring Pisa

Menara Pisa atau dalam Bahasa Italia lebih dikenal dengan nama Torre pendente di Pisa atau disingkat Torre di Pisa) adalah sebuah campanile atau menara lonceng katedral di kota Pisa, Italia. Terletak di belakang katedral dan merupakan bangunan ketiga Campo dei Miracoli (lapangan pelangi) kota Pisa. Menara Pisa mulai dibangun pada Agustus 1173. Dimulai dengan peletakan batu pertama tanggal 9 agustus 1173 yang kemudian di tulis di sebuah prasasti yang terletak di sebelah kanan pintu masuk menara pisa. Tujuan dari pembangunan menara ini adalah untuk menempatkan sebuah jam besar di atas menara tersebut.

Menara Pisa
Menurut cerita, seorang janda kaya akan memberikan sumbangan sebesar 60 koin kepada pihak gereja, tetapi dengan syarat mereka harus membangun menara yang berbentuk lonceng. 

Sebenarnya, menara ini dibuat agar berdiri secara vertikal seperti menara lonceng pada umumnya, namun menara setinggi 55 m itu mulai miring dan melenceng dari garis lurus 5 m tak lama setelah pembangunannya dimulai. Oleh karena itulah menara ini disebut menara miring Pisa. Kemiringan dari menara ini mencapai sekitar 3 derajat.

Sedangkan, ketinggiannya adalah 55,86 m dari permukaan tanah terendah. Dan 56,70 m dari permukaan tanah tertinggi. Kelebaran dinding di bawahnya mencapai 4,09 m dan di puncak 2,48 m. Bobotnya diperkirakan mencapai 14.500 ton. Menara Pisa memiliki 294 anak tangga. Pembangunan dilakukan dalam tiga tahap dan dalam jangka waktu 200 tahun. Pembangunan lantai pertama dari campanile yang berbatu marmer putih dimulai pada 9 Agustus 1173, yang merupakan era kesejahteraan dan kejayaan militer. Lantai pertama dikelilingi oleh pilar dengan huruf klasik yang mengarah miring terhadap lengkungan kerai.
Struktur Menara Pisa
Struktur Menara Pisa

Pembangunan ini sempat juga tertunda selama 100 tahun karena rakyat Pisa waktu itu bertempur dengan rakyat dari kawasan lain. Tapi, karen tertunda itulah, menara justru bisa selamat. Jika tidak ditunda, mungkin saja menara itu malah bakal jatuh. Pada tahun 1198 beberapa buah jam diletakkan di bangunan yang belum jadi itu. Sekitar tahun 74, arsitek Giovanni di Simone melanjutkan lagi pembangunan menara itu.

Ada kontroversi mengenai identitas dari arsitek Menara Miring Pisa. Selama beberapa tahun lamanya desainer dipredikatkan kepada Guglielmo dan Bonanno Pisano, seorang seniman lokal terkemuka abad ke-12 di Pisa, yang populer oleh cetakan perunggunya, khususnya di dalam Pisa Duomo. Bonanno Pisano meninggalkan Pisa pada 1185 menuju ke Monreale, Sisilia, hanya untuk pulang kampung dan meninggal di kampung halamannya. Sarkofagus nya ditemukan di dasar menara pada tahun 1820.

Beberapa menara miring lainnya di dunia:
Menara Miring Suurhusen
Suurhusen adalah sebuah desa di utara Endem di wilayah Jerman, Frisia Timur. Desa ini memiliki sekitar 1200 penduduk dan dikelola secara administratif oleh kotamadya Hinte.

Menara Miring Beduum
Menara Bedum di gereja St Walfridus  setinggi 36 m telah dihitung mempunyai sudut kemiringan yang lebih besar daripada menara miring Pisa. Jika kedua menara tersebut sama tinggi, menara bedum akan mempunyai perpindahan yang lebih besar yaitu 6 cm.

Menara Miring Cesire Selatan
Menara miring dari bekas Gereja St Chad, juga dikenal sebagai ‘Menara Miring Cheshire Selatan’ dan menara gantung dari Wimberie’, terletak di desa Wybunbury. menara setinggi 29,3 m adalah sisa-sisa akhir abad kelima belas gereja tersebut yang dihancurkan pada tahun 1833.
Menara ini distabilkan menggunakan teknik pengangkatan dari bawah oleh James Trubshaw pada tahun 1832, inilah yang dikenal paling awal dalam menerapkan teknik ini, yang juga digunakan untuk menstabilkan Menara Miring Pisa.

Menara Miring Madrid
Menara Miring Madrid, Spanyol – Berdiri sebagai dua bangunan yang paling mengesankan, menara ‘Gerbang ke Eropa’, dianggap sebagai bangunan modern miring tinggi pertama di dunia (115 m masing-masing). Dibangun pada tahun 1996 oleh Philip Johnson dan John Burgee dengan kemiringan 15 derajat.

Menara Miring Barceloneta
Masih di Spanyol, kali ini di Barcelona Menara Miring Barceloneta-sedikit lebih modern seperti bangunan menara, terbuat dari kubus yang dimiringkan di pantai Barceloneta.

Menara Miring Torun
Menara miring di Torun, Polandia – jelas lebih kecil daripada yang di Pisa, Menara Torun adalah menara Romawi sederhana yang mulai miring setelah pembangunannya selesai karena dibangun diatas tanah yang tidak stabil.

Menara Miring Shiiraz
Menara Miring Shiraz – Benteng Karimkhan dari Shiraz, Iran – menara ini dibangun selama dinasti Zand dan dinamai Karim Khan, dan berfungsi sebagai tempat tinggalnya. Bentuknya menyerupai benteng dari abad pertengahan.

Menara Miring Huludao
Dibangun di jaman Dinasti Liao, menara miring di Huludao, timur laut provinsi Liaonin di Cina ini hampir 10 meter tingginya dan memiliki kecenderungan miring 12 derajat ke arah timur laut. Menara ini telah mengalami kerusakan akibat berbagai gempa dan banjir, tapi tetap utuh.

Menara Miring Liuzhou
Menara Miring di Liuzhou berada di daerah otonomi Guangxi Zhuang di selatan Cina. Sebuah menara lonceng yang miring di daerah pemukiman di Liuzhou. Pembongkaran menara sebelumnya gagal membuatnya miring.

Menara Miring Inwa
Menara Miring Inwa, Myanmar, 90 kaki tingginya – tembok tinggi Menara Pengawas (Nan Myint) benar-benar hancur pada tahun 1838 oleh gempa bumi, sisanya ada sampai hari ini dengan sudut kemiringan yang tampak sangat berbahaya.

0 komentar:

Posting Komentar