Senin, 23 Maret 2015

Mendeteksi Masalah Kesehatan dari Wajah

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui bahwa wajah adalah salah satu cara untuk mengetahui suasana hati seseorang. Namun ternyata, kondisi kesehatan Anda, terutama yang dipengaruhi oleh makanan yang disantap setiap harinya dan gaya hidup juga dapat ditunjukkan oleh wajah Anda. Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa dideteksi dengan melihat wajah Anda :
  • Jika Wajah Anda Bengkak
Terlalu banyak minum minuman beralkohol dan kurangnya olahraga bisa membuat wajah Anda menjadi membengkak. Memang alcohol bisa memberi pengaruh yang baik bagi kesehatan jika diminum dalam batas yang tepat. Namun, alcohol dapat memberikan efek buruk bagi penampilan dan kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak dan tak diimbangi dengan olahraga.
dr Michael Prager, seorang dokter bedah plastik, mengungkapkan bahwa produksi hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi alkohol. Beliau menjelaskan “hormon ini akan menyebabkan timbunan lemak terkumpul di area wajah, khususnya di pipi, sehingga terlihat bengkak.”
Selain itu, sekalipun seseorang jarang minum alcohol namun malas untuk bergerak, maka orang tersebut lebih beresiko untuk mengalami hal tersebut, tambahnya. Akibat dari hal ini, bagian wajah Anda, terutama dahi, mata dan pipi akan terlihat lebih gemuk. Hal ini juga akan mengakibatkan batas jelas antara rahang dan leher Anda tidak kelihatan. Oleh karena itu, agar sirkulasi darah ke kulit berjalan dengan lancar dan produksi kolagen meningkat, rajinlah untuk berolahraga.
  • Jika Wajah Kurus Namun Tatapan Kosong
Untuk kesehatan Anda dan keberhasilan diet (bagi Anda yang sedang menjalankanny) olahraga memang salah satu cara terbaik. Namun olahraga akan membahayakan diri Anda jika terlalu berlebihan. dr Aamer Khan, Direktur Medis dari Harley Street Skin Clinic mengungkapkan “misalnya, olahraga lari. Lari memang bagus untuk jantung dan paru-paru, namun ini akan mengikis lemak dari pipi, sehingga membuat pipi jadi cekung dan kempot.”
Sebagai pengganti, Anda bisa melakukan pilates atau yoga. Sebenarnya, Anda masih bisa melakukan olahraga lari, namun Anda harus membatasi jarak dan waktunya.
  • Jika wajah pucat dan bibir pecah-pecah
Jika Anda mengalami kekurangan asupan sayuran hijau, maka Anda akan mengalami wajah pucat. Ross Whitehead, seorang peneliti dari University of St Andrews, mengungkapkan bahwa di dalam buah dan sayuran terdapat pigmen warna yang disebut dengan karotenoid. Fungsi dari pigmen adalah untuk memberi warna yang menarik pada buah dan sayur. Whitehead mengungkapkan “ketika kita menyantap sayur berwarna ini, pigmen tersebut juga akan masuk ke dalam tubuh dan membuat kulit jadi bercahaya dan tak pucat.” 

Sedangkan jika Anda mengalami bibir kering dan pecah-pecah, berarti Anda kekurangan vitamin B dan D. Anda tidak boleh mengandalkan pelembab bibir jika mengalami hal tersebut. Yang sebaiknya Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menyantap buah, paprika dan kacang-kacangan.
  • Noda Hitam
Untuk menghasilkan tenaga, Anda memang membutuhkan gula. Sedangkan pada saat makan, Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk mengontrol asupan gula yang masuk. Jika gula terlalu banyak masuk ke dalam tubuh Anda, maka kulit Anda akan mengeluarkan reaksi yang berupa noda hitam. Dan Anda harus berhati-hati jika noda hitam tersebut sudah mencapai leher Anda, hal tersebut berarti bahwa Anda sudah mulai terkena penyakit gula atau diabetes. 

0 komentar:

Posting Komentar