Senin, 23 Maret 2015

Sup Ayam ternyata Bisa Meredakan Flu!

Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa carnosine, yang merupakan suatu senyawa yang terdapat di dalam sup ayam, mampu untuk membantu sistem imunitas tubuh untuk melawan flu tahap awal.

Namun dalam sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam American Journal of Therapeutics ditemukan bahwa manfaat tersebut dapat hilang secepat sup yang Anda konsumsi dikeluarkan dari tubuh.

Sebenarnya, manfaat dari sup ayam ini telah diidentifikasi sebelumnya. Adalah Dr. Stephen Rennard, dari University of Nebraska Medical Center, Omaha, yang lebih dari satu dekade lalu, ingin tahu kenapa resep sup ayam yang dibuat oleh istrinya bisa membuat seseorang sembuh dari flu.

Dengan menggunakan sampel darah yang diambil dari para relawan, Dr. Stephen memperlihatkan bahwa dengan mengkonsumsi sup ayam, Anda bisa menghambat pergerakan neutrofil, yaitu jenis sel darah putih yang paling umum sehingga tubuh Anda mampu untuk melawan infeksi.

Menurut teori yang dikemukakan oleh Dr. Rennard, sup ayam dapat membantu untuk mengurangi gejala-gejala flu pernapasan atas, dengan cara menghambat terjadinya perpindahan sel yang akan melawan infeksi di dalam tubuh. Namun, Dr. Rennard tidak dapat menemukan bahan yang sebaiknya dicampurkan di dalam sup agar sup tersebut efektif untuk menyembuhkan pilek.

Di dalam penelitian ini, sup ayam dibuat dengan menggunakan ubi jalar, bawang merah, lobak turnip, parsnip, peterseli, seledri batan, merica dan garam.

Di dalam penelitian ini, juga ditemukan bahwa adalah banyak efek penghambatan yang sama yang dimiliki sup dalam kemasan. Peneliti mengeluarkan teori bahwa efek yang menguntungkan tersebut terjadi akrena adanya kombinasi nutrisi yang bekerja secara sinergis.

Dalam penelitian lain yang dilakukan di Miami, ditemukan bahwa pada 15 relawan yang diberi air panas, air dingin dan sup ayam, sup ayam lebih mampu untuk mempengaruhi aliran udara dan lendir di hidung.

Hasil dari penelitian ini juga memberi bukti dari pernyataan para ahli bedah THT yang menyatakan bahwa pergerakan lendir hidung dapat ditingkatkan dengan cairan panas. Dengan begini, maka mampet akan berkurang dan saluran udara akan menjadi bersih.

Namun sup ayam bisa lebih baik untuk melakukan hal tersebut daripada air panas. Karena sup ayam mampu mencegah bakteri untuk memasuki tubuh dengan cara meningkatkan fungsi silia pelindung, yakni proyeksi mirip rambut kecil di hidung.

Dalam penelitian yang dillakukan di University of Nebraska ditemukan bahwa untuk membantu meringankan peradangan saluran pernafasan yang menyebabkan rasa mampet, kombinasi sayuran dan unggas dalam sup adalah pilihan yang tepat.

Untuk sistem imunitas tubuh, semua nutrisi dalam sup memiliki keterlibatan dalam kerja yang kompleks. Dalam penelitian ini ditunjukkan bahwa, bahan kimia alami yang berada dalam bawang merah dan bawang putih, yaitu organosulfides bersama dengan vitamin D akan merangsang makrofag, yang merupakan produksi sel imunitas tubuh, sedangkan Vitamin C akan berpengaruh pada interferon dan neutrofil.

Wortel, yang mengandung karotenoid dan vitamin A dapat membantu untuk memproduksi antibodi, sedangkan zinc dan vitamin E dapat mempengaruhi konsentrasi salah satu jenis sel darah putih, yaitu limfosit.

0 komentar:

Posting Komentar