Senin, 23 Maret 2015

Tubuh Anda Masih Lelah Setelah Tidur?Ini Penyebabnya

Pada dasarnya, tidur dapat menghilangkan rasa lelah dan sakit. Namun bagi orang di usia dewasa, terutama bagi para pekerja, tidak jarang tetap merasakan kelelahan meski sudah tidur dalam jangka waktu yang lama.
Karena beberapa alasan seseorang menjadi malas untuk bangkit dari tempat tidurnya karena masih merasa lelah. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan seseorang tetap merasa lelah meski telah tidur dalam jangka waktu yang cukup lama :
> Merasa Cemas
Anda akan mengalami beberapa hal, seperti sering terbangun saat tidur atau seperti setengah tidur jika kecemasan masih menggelayuti pikiran Anda ketika tidur. Ketika bangun, Anda akan merasa sangat lelah karena hal ini.
> Tekanan / Stress
Anda tidak dapat menghindari stress dalam kehidupan sehari-hari. Mulailah untuk menanamkan sugesti positif ketika Anda akan tidur jika hal tersebut mulai mengganggu jam tidur Anda. Pusatkanlah pikiran Anda untuk beristirahat dan hindari untuk memikirkan masalah pribadi atau pekerjaan 30 menit sebelum Anda tidur.
> Permainan
Game atau permainan, disukai oleh berbagai kalangan, tidak hanya anak kecil atau remaja, bahkan orang dewasa atau orang tua pun menyukainya. Bermain games dapat dilakuka di computer, ponsel ataupun gadget lainnya. Pikiran Anda ketika tidur dapat dipengaruhi oleh ketergantungan pada suatu game. Oleh karena itu, mulailah untuk beristirahat dengan teratur dan batasi waktu bermain game Anda.
> Film yang menakutkan

Anda cenderung enggan untuk mematikan lampu atau masih membayangkan adegan menakutkan setelah menonton film horor, sehingga akan menyebabkan Anda berimajinasi yang tidak-tidak. Pikiran Anda ketika sedang tidur, akan dipengaruhi olhe hal ini. Menyaksikan film horror dapat membuat tidur Anda menjadi tidak nyenyak dan mengurangi kualitas tidur Anda.
> Mengemil di tengah malam
Mungkin akan terlihat biasa jika Anda mengemil di tengah malam. Meski perut Anda kenyang dan Anda mudah untuk tidur, namun keesokan harinya, justru Anda akan bangun dengan rasa lelah. Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas tidur dan berat badan Anda, hindarilah mengkonsumsi snack di malam hari.
> Bertengkar

Anda bisa saja mengalami tekanan negative jika mengalami pertengakaran dalam kehidupan sehari-hari. Anda akan terbangun dalam keadaan yang kurang baik jika Anda membawa pikiran negatif selama tidur. Untuk mencegahnya, ada baiknya bagi Anda untuk mengikuti nasehat leluhur yaitu dengan memaafkan siapapun sebelum tidur.
> Memiliki bayi, balita atau anak
Seorang wanita, apalagi yang telah memiliki buah hati akan lebih rawan untuk bangun tidur dalam kondisi yang lelah. Seringkali Anda akan terbangun di tengah malam karena anak Anda tidak bisa tidur, haus, rewel dan sebagainya. Anda akan terbangun dengan rasa lelah karena hal ini.
Sedikit adaptasi dan refreshing rutin sekali dalam sepekan dapat Anda lakukan untuk menyiasatinya. Anda juga dapat mengatasi problem tidur ini dengan cara menerapkan pola hidup sehat.
Hal yang dapat Anda lakukan untuk menanggulanginya
Untuk semua orang dari berbagai tingkatan usia, tidur adalah hal yang sangat penting. Pastikan agar Anda memiliki kualitas tidur yang bagus sehingga dapat terbangun dengan perasaan segar. Cobalah untuk memperbaiki pola hidup Anda bila salah satu atau beberapa kondisi tersebut menimpa Anda. Makan teratur, berolahraga dan merawat tempat tidur Anda adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan.
Karena kelelahan juga bisa menjadi tanda bahwa kolesterol Anda sedang meningkat, maka sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter. Karena obat tidur juga belum tentu dapat memperbaiki kondisi tidur Anda, maka sebaiknya jangan sembarangan untuk mengonsumsinya.

0 komentar:

Posting Komentar