Senin, 23 Maret 2015

Kota Kota Kuno yang Tenggelam Secara Misterius (Part 1)

Seharusnya, sebuah kota dapat dijadikan sebagai pusat aktivitas manusia. Sebagai pusat pendidikan, wisata, atau aktivitas-aktivitas lainnya yang bermanfaat. Namun sepertinya hal tersebut tak berlaku bagi kota-kota berikut. Sebab konon katanya, kota-kota berikut dikabarkan tenggelam dan hampir menghilang tanpa jejak dan tak berbentuk seperti dulu lagi. Bahkan seramnya, ada pula kota yang dinilai telah “dihukum” lantaran kerap melakukan berbagai macam dosa-dosa. Wah? Seram juga ya? Lantas? Kota-kota mana saja kah yang masuk dalam daftar kota-kota yang dikutuk dan kemudian tenggelam? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Alexandria



Salah satu kota yang dikabarkan pernah dikutuk adalah Alexandria. Mungkin saja, nama kota ini sudah tak asing lagi didengar, terlebih bagi Anda yang sangat menyukai bidang antropologi. Sebab, Alexandria merupakan sebuah kota yang memiliki pengaruh besar pada perabadan Mesir Kuno, yaitu salah satu peradaban yang memiliki usia begitu lama. Konon katanya, kota Alexandria dulunya adalah salah satu wilayah kekuasaan Mesir Kuno dibawah pimpinan ratu Mesir yang terkenal akan keelokan wajahnya, Cleorpatra.

Cerita mengenai Alexandria dikenal sebagai sebuah cerita yang sangat melegenda. Dan dari legenda yang berkembang dalam masyarakat tersebut, disebutkan juga bahwa Alexandria telah hilang selama kurang lebih 1600 tahun lamanya. Tetapi, walaupun hilangnya Alexandria dianggap sebagai sebuah legenda, namun uniknya para arkeolog justru berhasil menemukan fakta yang sangat mencengangkan. Ya, hasil penelitian yang telah dilakukan oleh arkeolog menemukan bukti baru yakni beberapa reruntuhan dari sebuah kota kuno yang jaraknya tak jauh dari lepas pantai Alexandria modern yang berdiri sejak tahun 1998.

Reruntuhan bangunan yang berhasil ditemukan tersebut salah satunya adalah reruntuhan dari berbagai macam monumen-monumen yang memiliki ukuran besar. Reruntuhan monumen-monumen yang berhasil ditemukan tersebut kemudian diteliti lebih lanjut oleh para ilmuwan. Para peneliti kemudian berpendapat bahwa kota yang baru saja mereka temukan tersebut kemungkinan besar tenggelam lantaran terkena bencana gempa bumi yang cukup besar. Selain menemukan reruntuhan monumen-monumen yang berukuran besar, para arkeolog juga berhasil menemukan beberapa runtuhan patung Sphinx. Sphinx sendiri merupakan sebuah patung berbentuk kepala manusia dan memiliki tubuh singa. Patung ini biasanya digunakan sebagai penjaga piramida yang notabene adalah makam raja-raja Mesir Kuno pada zaman dulu. Bukan hanya Sphinx dan monumen-monumen berukuran besar, mereka juga berhasil menemukan reruntuhan patung, kuil-kuil, serta beberapa bagian istana yang disinyalir sebagai bekas istana milik Ratu Mesir, Celopatra. Selain itu, ada sebuah penemuan lain lagi yang cukup mencengangkan adalah ditemukannya patung Cleopatra, Marc Antony yang tak lain adalah kekasih Cleopatra sendiri, serta berbagai macam patung keluarga kerajaan Mesir lainnya. Namun hingga kini, belum diketahui pasti penyebab tenggelamnya kota Alexandria.

0 komentar:

Posting Komentar