Sabtu, 21 Maret 2015

Hal-Hal Yang Menyebabkan Anda Sulit Untuk Tidur

Tubuh Anda mungkin sudah sangat lelah, mata Anda mungkin sudah sangat mengantuk, Anda sudah sangat ingin tertidur dengan lelap. Namun pada kenyataannya Anda masih tetap terjaga hingga waktu sudah menunjukkan dini hari. Pikiran Anda pun akan menjadi terganggu karena sudah terbayang di pelupuk mata Anda bahwa pagi sudah mulai menanti, jadwal yang padat juga sudah menanti Anda namun Anda masih juga belum mendapatkan istirahat yang cukup.

Rasa kantuk yang Anda impikan


Karena kurangnya istirahat, maka Anda akan merasa sangat lesu. Mengingat banyaknya kegiatan yang harus Anda lakukan pada hari itu. Anda akan sangat mudah mudah lelah jika tidur kurang dari enam jam dalam semalam. Selain kelelahan, tidur yang kurang juga akan membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi ataupun mengingat, selain itu Anda juga akan mengalami sakit kepala. Padahal tubuh Anda sangat membutuhkan tidur yang nyenyak, selama 7 hingga 8 jam dalam semalam. Otak Anda akan beristirahat dan tubuh Anda memiliki waktu yang cukup untuk menciptakan daya tahan terhadap penyakit saat Anda sedang terlelap.

Namun ternyata, Anda tidak mampu untuk menghindari insomnia. Yaitu sebuah gangguan tidur yang menyebabkan Anda tidak bisa tertidur hingga dini hari. Rasa khawatir adalah penyebab utama dari terjadinya gangguan ini.

Menghilangkan Kekhawatiran

Setelah Anda mengetahui bahwa pemicu insomnia adalah kekhawatiran, maka Anda harus bisa untuk mengatasi atau bahkan menghilangkan kekhawatiran tersebut.

Namun jika Anda telah menghilangkan rasa khawatir yang Anda alami dan masih mengalami insomnia maka Anda perlu memeriksa hal berikut ini :

1. Terlalu sering mengkonsumsi kafein

Anda pasti akan terjaga jika mengkonsumsi teh, kopi ataupun obat-obatan yang mengandung kafein.

2. Terlalu banyak cahaya

Salah satu kebiasaan Anda yang bisa menghambat datangnya rasa kantuk adalah kebiasaan untuk membuka ponsel, smartphone, layar computer atau ipad di malam hari. Jam 9 atau 10 malam adalah saat dimana kantuk akan mulai menyerang seseorang. Namun rasa kantuk Anda biasanya akan hilang karena munculnya cahaya dari peralatan elektronik tersebut.

3. Terlalu emosi

Saat perasaan Anda tertekan, Anda akan sulit untuk tertidur. Perasaan emosi tersebut seperti sebuah alarm tidak terlihat yang akan mengganggu tidur Anda.

4. Terlalu banyak pikiran

Anda tidak akan mendapatkan tidur yang cukup jika Anda selalu memikirkan hal-hal yang harus Anda lakukan keesokan harinya.

5. Sering terbangun

Pada saat Anda mendengar sebuah suara AC, haus atau ingin buang air kecil, mungkin Anda akan terbangun dan setelah itu tidak bisa tidur lagi hingga pagi menyapa.

Untuk orang-orang yang tidak memiliki masalah dengan kebiasaan tidurnya, terbangun di tengah malam bukanlah masalah. Namun bagi mereka yang terkena insomnia, hal tersebut adalah bencana.

6. Bangun terlalu pagi

Bangun terlalu pagi bisa juga menjadi salah satu masalah bagi Anda. Saat terbangun di pagi hari, mungkin Anda bingung harus berbuat apa. Mungkin Anda mencoba untuk tidur, namun tidak berhasil. Dan jika Anda berhasil untuk tidur lagi setelah bangun terlalu pagi, pasti Anda akan terlambat untuk bangun lagi dan memulai aktivitas Anda.

0 komentar:

Posting Komentar