Sabtu, 21 Maret 2015

Fakta dan Mitos Serta Manfaat Keringat

Bagi Anda yang suka beraktivitas fisik terutama olahraga seperti jogging, lari ataupun olahraga lain yang membutuhkan peralatan khusus seperti fitness, tentu Anda sudah terbiasa dengan tubuh yang berkeringat. Pada saat Anda berolahraga, pasti Anda akan mengeluarkan keringat, bahkan jika Anda melakukan aktivitas berat, keringat Anda juga akan mengucur deras.

Mungkin selama ini Anda menyangka bahwa dengan mengeluarkan banyak keringat berarti tubuh Anda sangat sehat karena tubuh Anda telah mengeluarkan racun yang berbentuk cairan yang dihasilkan dari aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Oleh karena itu, mari kita lihat fakta, mitos dan manfaat dari keringat :

Fakta tentang keringat dan manfaat dari keringat

Pori-pori kulit Anda akan menjadi bersih

Salah satu fungsi dari keringat adalah untuk mengeluarkan racun atau detoks dari dalam tubuh. Selain mengeluarkan racun dari dalam tubuh, keringat juga akan membantu Anda untuk mengeluarkan racun yang ada di pori-pori kulit Anda. Saat Anda berkeringat, racun yang ada di pori-pori Anda akan mengalir keluar sehingga pori-pori kulit Anda menjadi lebih bersih. Saat proses pembuangan racun ini terjadi pori-pori Anda akan terbuka. Dengan terjadinya proses pembuangan racun dari pori-pori Anda, maka Anda akan terhindar dari berbagai masalah kulit, seperti misalnya jerawat.

Suhu tubuh akan lebih stabil

Adalah hal yang wajar jika Anda merasa sedikit gerah dan mengeluarkan keringat setelah berolahraga. Setelah tubuh Anda merasa gerah, tidak lama kemudian suhu tubuh Anda akan turun dan stabil dengan sendirinya. Panas tubuh Anda akan didinginkan oleh keringat. Suhu tubuh Anda akan distabilka dengan keringat. Dengan begitu kesehatan Anda juga akan terjaga.

Bahaya dari keringat berlebih dan mitos tentang keringat

Gejala Penyakit Tiroid

Hati-hati saat telapak tangan Anda sering basah karena keringat karena bisa saja hal tersebut adalah tanda bahwa Anda terkena penyakit tiroid. Kerusakan dari kelenjar tiroid adalah penyebab lain dari terlalu banyaknya keringat yang keluar. Oleh karena itu, segeralah periksakan ke dokter jika telapak tangan anda sering basah karena keringat.

Gejala dari penyakit jantung

Mungkin Anda mengira bahwa hanya orang yang berusia lanjutlah yang bisa terkena serangan jantung. Karena serangan jantung juga bisa menyerang orang yang berusia dibawah 40 tahun. Gejala serangan jantung yang biasanya terjadi adalah banyak berkeringat, mual dan nyeri otot.

Gejala Menopause

Saat Anda berusia 50 tahun dan mengalami keringat berlebih, sebaiknya Anda mulai waspada. Karena gejala umum menjelang menopause yang disebabkan oleh gangguan hormonal adalah sensasi terbakar dan berkeringat.

Jadi, adalah mitos jika terlalu banyak berkeringat itu baik untuk tubuh. Terlalu banyak berkeringat bisa saja menjadi tanda dari sebuah penyakit. Oleh karena itu, periksakanlah diri Anda ke dokter untuk mencegah penyakit yang lebih parah.

0 komentar:

Posting Komentar