Sabtu, 21 Maret 2015

Mengapa Anda Sulit Untuk Berkonsentrasi?



Terkadang, Anda merasa untuk untuk berkonsentrasi saat sedang dihadapkan pada tugas sekolah atau suatu pekerjaan yang memeras otak, sehingga pekerjaan Anda menjadi tidak optimal. Kondisi tubuh tertentu akan mengakibatkan Anda akan sulit untuk berkonsentrasi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan Anda menjadi sulit untuk berkonsentrasi :

Penyakit ADHD

Jika Anda adalah orang yang tidaksabaran, sulit untuk menyelesaikan tugas kantor dan pelupa maka bisa jadi Anda menderita Attention Deficit terdiagnosis Hyperactivity Disorder (ADHD). Oleh karena itu, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui kemungkinan Anda menderita ADHD ketika Anda memiliki masalah dengan konsentrasi.

Penggunaan Obat

Konsentrasi dan suasana hati Anda dapat dipengaruhi oleh penggunaan obat anti depresan. Efek samping dari obat penenang dan antihistamin adalah dapat menyebabkan kantuk, sedangkan obat antidepresan serta obat-obatan lain memiliki efek samping untuk mengganggu kerja otak. Kadang-kadang, orang yang menggunakan obat statin juga tidak dapat berpikir dengan jernih.

Rendahnya kadar vitamin dan hormon

Saat Anda sedang sedang kekurangan vitamin atau hormon, terutama pada Anda sedang lelah maka pikiran Anda akan linglung. Contohnya, aliran darah Anda akan berkurang, metabolisme otak akan melambat sehingga fungsi sel otak tidak akan bekerja dengan optimal jika Anda kekurangan hormon tiroid. Saat Anda kekurangan vitamin B-12 dalam tubuh, Anda juga akan mengalami gejala tersebut.

Jika Anda juga mengalami beberapa masalah kardiovaskular seperti kolesterol tinggi, hipertensi, pradiabetes atau sindrom metabolic maka Anda dapat memeriksakan perihal kekurangan vitamin dan hormon kepada dokter. Karena, jika tidak segera ditangani maka Anda akan mengalami penurunan kognitif.

Buruknya pola makan


Resiko Anda untuk terkena tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, kolesterol tinggi serta beberapa penyakit lain yang dapat merusak fungsi kognitif dapat disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk. Anda akan lebih sulit untuk aktif jika Anda terkena obesitas atau kelebihan berat badan. padahal untuk menjaga kesehatan otak, tubuh yang aktif sangat dibutuhkan. Anda dapat membuat otak Anda kembali tajam dengan cara mengurangi makan daging dan makanan berlemak jenuh serta makan ikan dan sayuran.

Terlalu banyak hal yang harus dikerjakan

Anda akan terlalu sering lupa serta membuat kerja otak terganggu jika Anda memiliki daftar pekerjaan harian yang terlalu banyak serta membutuhkan daya ingat. Saat terlalu banyak beban yang harus diingat dalam otak, seseorang kadang tidak bisa mengikuti pikirannya.

Terlalu sibuk
Saat Anda terlalu sibuk, kerja otak Anda akan dipaksa sehingga kadang Anda lupa untuk melakukan aktivitas fisik yang juga dibutuhkan oleh otak. Anda dapat memperlambat pembentukan plak yang menyebabkan penyakit Alzheimer serta merangsang produksi zat yang dapat merangsang kerja otak dengan cara melakukan olahraga. Cobalah untuk rajin berolahraga dan rasakan ketajaman otak Anda.
 
Terlalu cemas


Anda akan sulit berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan Anda ketika Anda terlalu mencemaskan sesuatu. Cara kerja otak dalam merespon ancaman nyata atau bayangan adalah dengan membuatnya sulit untuk berkonsentrasi. Saat Anda terlalu cemas, Anda akan menjadi sangat waspada terhadap lingkungan.

Untuk membersihkan kepala Anda dari hal-hal yang akan membuat Anda cemas, lakukanlah sesuatu yang menyenangkan. Anda juga dapat mengurangi kekhawatiran Anda yang berlebihan dengan cara berbagi cerita dengan teman dekat Anda.

0 komentar:

Posting Komentar