Senin, 23 Maret 2015

Hal-Hal yang Menyebabkan Anda Mudah Kedinginan

Udara akan menjadi lebih dingin ketika hujan deras. Bila di luar sedang hujan deras, pendingin udara di ruangan pun akan terasa lebih dingin.
Namun saat Anda membutuhkan jaket, kaus kaki hingga syal yang melilit tapi orang-orang yang berada di sekitar Anda terlihat tak bermasalah itu artinya bahwa tubuh Anda sedang mengalami masalah. Adapun hal-hal yang menyebabkan kerja suhu tubuh menjadi sedikit macet adalah :
1. Kelenjar tiroid yang kurang aktif
Kerja dari kelenjar tiroid adalah untuk mengatur metabolisme tubuh, dan akan menjadi lebih mudah kedinginan jika kelenjar tiroid bekerja kurang aktif. Jacob Teitelbaum, MD, penulis From Fatigued to Fantastic! mengatakan bahwa “tes darah standar tidak mendeteksi tiroid pada sebagian orang.” Namun jika ternyata hasil tes tiroid Anda menunjukkan hasil yang normal tapi Anda masih sering merasa kedinginan, maka mungkin Anda perlu untuk mencari sumber masalah lainnya atau pendapat kedua.
2. Zat besi yang kurang
Agar tubuh Anda berenergi, zat besi dibutuhkan untuk memberikan oksigen ke sel-sel darah Anda. Tubuh Anda akan menjadi mudah lelah dan kedinginan bila kekurangan zat besi dalam tubuh. Dr Teitelbaum mengatakan bahwa “rendahnya energi tubuh akibat kekurangan zat besi akan membuat suhu tubuh rendah dan sulit ditingkatkan, sehingga Anda merasa kedinginan.” Untuk melihat kecukupan kandungan zat besi yang terdapat dalam tubuh Anda, ,intalah dokter melakukan untuk tes darah. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti daging merah, sayuran hijau dan tiram serta suplemen (apabila benar-benar dibutuhkan) untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.
3. Tidak mendapatkan istirahat yang cukup
Sistem saraf yang bertugas untuk mengatur suhu tubuh akan kacau jika tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari. Perhatikan berapa lama Anda tidur pada akhir pekan atau pada hari dimana orang yang berada dalam rumah, tidak membangunkan Anda (sehingga Anda menjadi kurang tidur) untuk mengetahui berapa banyak tidur yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.Oleh karena itu, cobalah untuk memenuhi kebutuhan tidur Anda.

4. Jamur yang menyebabkan infeksi

Dr. Teitelbaum mengatakan bahwa “infeksi jamur dapat menyebabkan stres pada sistem tubuh Anda. Ini termasuk juga bagian otak yang disebut hipotalamus, pusat komando kelenjar tubuh yang juga mengontrol suhu tubuh.” Beberapa gejala lain yang akan Anda rasakan ketika terkena infeksi jamur adalah sinusitis dan kejang usus. Dr Teitelbaum menyarankan “untuk membantu menyingkirkan candida (jamur) yang berlebih pada tubuh, perbanyak konsumsi probiotik dan lakukan hal yang membuat jamur tersebut kelaparan dengan makan tidak lebih 25 gram gula per hari.”
5. Terjadi krisis energy pada tubuh
Salah satu pencuri energy tubuh adalah stress. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, Anda tidak dapat menghindari stress. Sementara problema rumah tangga, perasaan khawatir yang berlebihan, pekerjaan, hingga percintaan akan memberi beban pada hipotalamus serta mengganggu sistem kerja hipotalamus. Bahkan dalam jangka panjang, stress tingkat rendah dapat mengakibatkan semua fungsi tubuh lainnya menjadi lemah. Banyak praktisi medis holistic yang percaya bahwa energy fisik dapat dipengaruhi oleh kebahagiaan psikologis. Jadi jangan biarkan stress Anda berlarut-larut dan bersenang-senanglah.
6. Kurangnya lemak dalam tubuh
Dr Teitelbaum mengatakan bahwa “alasan paus dapat berenang di perairan kutub utara yang penuh es adalah karena mereka memiliki banyak lemak. Demikian juga bila tubuh Anda terlalu kurus atau kurang lemak, Anda lebih sensitif terhadap dingin.” Jadi, pastikan agar body mass index Anda tidak berada dibawah 18,5, yaitu ukuran terendah dalam kategori ukuran tubuh normal.

0 komentar:

Posting Komentar