Selasa, 25 November 2014

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF TIDUR SIANG

                                       
tidur siang merupakan salah satu aktifitas yang digemari oleh banyak orang. apakah anda termasuk orang yang menyukai hal itu..??? jika iya maka anda boleh sedikit bersyukur, karena menurut penilitian National Sleep Foundation Amerika Serikat, tidur siang sangat bermanfaat bagi manusia, tapi dalam jangka waktu tertentu. namun jika anda terlalu lama tidur siang juga akan menimbulkan hal yang tidak baik. berikut ini, mari kita bahas tentang dampak positif dan negatif dari tidur siang.

DAMPAK POSITIF TIDUR SIANG
1. Meningkatkan daya ingat
tidak pernah menyangka ternyata tidur siang juga bisa meningkatkan daya ingat. tapi di sini tidur siang tersebut masih dalam jangka waktu 45 menit. tidak lebih atau tidak kurang dari itu.
2. Meningkatkan Produktifitas
Untuk orang yang bekerja, tidur siang ini bisa menurunkan resiko gangguan jantung sebesar 64% dan untuk pengangguran sebesar 36%, yang tentunya akan membuat kita lebih fokus dan produktif dalam bekerja.
3. Menurunkan Stress
hormon Koristol merupakan hormon yang menyebabkan stress pada setiap manusia. hasil penelitian : Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa ketika sekelompok pilot tidur kurang dari 7 jam semalam sebelum bertugas, kadar kortisolnya meningkat secara signifikan dan bertahan selama 2 hari. Namun ketika berhasil tidur siang barang sebentar, kadar kortisol berkurang separuhnya.
4. Mencegah penyakit Kardiovaskular
Kardiovaskular ( Jantung dan stroke) dua penyakit yang tingkat kematiannya masih tinggi didunia. Hasil dari Penelitian : Peneliti menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen. Menurut penelitian ini, tidur siang yang sehat sebaiknya dilakukan antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Jika berlebih, justru menyebabkan terbangun dengan 'kepala berat'.

DAMPAK NEGATIF TIDUR SIANG
1. Meningkatkan Diabetes
Diabetes tipe 2 bisa diakibatkan dari aktifitas tidur siang. Diabetes ini biasanya terjadi pada anak usia dini yang terlalu gemuk. Bisa dibilang masih ringan namun harus tetap hati-hati. (para peneliti masih mengkaji mengenai kemungkinan tersebut)
2. Gangguan Tidur Malam
ketika terlalu lama tidur siang, tentu tidur malam kita akan sediki terganggu dan bisa menyebabkan timbulnya penyakit insomnia ( gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun ), jika tidur siang selama 1 jam ke atas.
3. Inresia Tidur
Didefinisikan sebagai perasaan grogi dan disorientasi akibat yang ditimbulkan dari bangun yang terlalau lelap, meskipun kondisinya hanya beberapa menit jelas hal ini bisa merugikan untuk orang-orang yang harus beraktivitas setelah bangun dari tidur siang.


diambil dari beberapa sumber.

0 komentar:

Posting Komentar