Jumat, 20 Maret 2015

Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Internet

Internet adalah sebuah teknologi yang sangat dibutuhkan oleh hampir semua umat manusia yang ada di Bumi. Perusahaan besar pun sekarang sudah bergantung dengan teknologi yang memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi. Sehingga Anda dapat saling berkomunikasi secara langsung dan cepat melalui video atau berbagi informasi melalui email dan website. Tapi, setiap kecanggihan teknologi tentu memiliki kekurangan masing – masing.



Semua Negara di Dunia telah terhubung dengan teknologi internet ini. Tapi, yang membuat orang biasa jengkel dan terganggu saat bekerja melalui internet ini adalah kecepatan akses dari internet ini. Setiap Negara memiliki kecepatan internetnya masing – masing. Indonesia termasuk Negara yang mendapat jatah bandwith yang terbilang cukup sedikit dibanding Negara – Negara maju lainnya. Bandwith jaringan yang sedikit ini juga terkadang putus dan tambah lelet atau lambat.

Kecepatan akses internet ini biasanya karena adanya gangguan, baik dari hardware perangkat atau dari sinyal. Nah, pada artikel kali ini Saya akan bagikan kepada Anda informasi tentang faktor yang mempengaruhi jika tiba – tiba kecepatan internet Anda menjadi lambat. Berikut beberapa faktor 
tersebut


Provider ISP (Internet Service Provider)

Apa ISP ini? ISP (Internet Service Provider) adalah penyedia layanan internet. ISP memegang peranan yang sangat penting terhadap kecepatan dan gangguan yang biasa terjadi pada internet Anda. Ada berbagai macam ISP yang tersedia di Indonesia, yang salah satunya adalah ISP milik pemerintah yang dikenal dengan nama Telkom Speedy. ISP ini termasuk salah satu ISP tercepat yang sudah menggunakan kabel optic sebagai penghantar jaringannya. Kebanyakan pengguna ISP ini adalah komputer desktop rumahan dan kantor. ISP yang sudah menggunakan kabel sebagai penghantar memang lebih stabil dibanding dengan ISP yang menggukan Wireless. Tapi, tetap saja gangguan akan selalu terjadi pada pengguna ISP ini. Untuk mengatasi masalah dari ISP ini biasanya Anda harus menelpon langsung pihak ISP nya.
Sinyal (Wireless)

Untuk pengguna internet dengan menggunakan smartphone atau modem sebagai media penerima cukup banyak juga di tanah air. Permasalahan yang biasa timbul ketika pengguna ini sedang mengakses internet adalah sinyal yang sering terputus dengan pihak ISP. Tapi, biasanya kecepatan yang dijanjikan oleh ISP dengan media Wireless ini lebih cepat dibandingkan dengan ISP dengan kabel. Tapi, tingkat gangguan dari koneksi internet dengan menggunakan sinyal atau Wireless ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan media kabel. Untuk itu Anda harus menemukan lokasi yang tepat dan banyak mendapatkan sinyal ketika ingin online tanpa terputus.
Perangkat (modem, komputer, kabel, dll)

Untuk online di internet Anda tentu membutuhkan media, seperti komputer, laptop, smartphone, modem, dll. Dengan perangkat inilah Anda dapat mengukur seberapa cepat kecepatan internet dan gangguan yang Anda alami. Gangguan pada perangkat komputer dan modem adalah hal utama yang mempengaruhi kecepatan internet. Pada komputer biasanya port konektor yang longgar, atau adanya software yang tidak mendukung. Sedangkan pada smartphone yaitu sinyal dari ISP yang tidak mendukung lokasi Anda berada.

0 komentar:

Posting Komentar