Jumat, 28 November 2014

Suka Menggosip? Waspadalah Pada Kesehatan Anda

                                     pengaruh gosip pada kesehatan oleh Kesehatan SegiEmpat

Kaum wanita memang suka berkumpul dan bersosialisasi dengan sesamanya. Ada suatu kewajiban yang tidak boleh terlupakan dalam “acara sosialisasi” ini, yaitu bergosip. Meskipun terlihat seru dan bisa menjadi topik pembicaraan baru tapi ternyata gosip bisa membahayakan kesehatan.

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Belanda menemukan bahwa ketika Anda mendengar gosip tentang seseorang, maka Anda akan memberi penilaian pada diri Anda sendiri. Hal itu kemudian akan membuat kenyamanan serta kepercayaan Anda terganggu. Jika hal ini terus terjadi, maka masalah kesehatan Anda juga akan ikut terganggu.

Katakan saja ketika Anda mendengar gosip yang baik tentang kinerja dari rekan kerja Anda. Mendengar kalau mereka naik jabatan, berhasil dalam proyeknya atau mendapatkan promosi pasti akan membuat Anda merasa minder. Hal ini kemudian akan membuat kepercayaan diri Anda menurun. Bukan tidak mungkin kalau hal ini akan mempengaruhi kinerja Anda di kantor.

Lain halnya ketika Anda mendengarkan gosip buruk tentang orang lain. Gosip seperti itu justru akan membuat Anda merasa percaya diri dan merasa bahwa Anda lebih baik darinya. Jadi dengan kata lain, Anda akan merasa terancam dan khawatir terhadap diri sendiri saat mendengar gosip baik. Namun akan merasa lebih baik, lebih dihargai dan lebih unggul ketika mendengar gosip yang tidak baik.

Bergosip dan membicarakan keberhasilan atau kehebatan orang lain seakan menjadi “alarm” tersendiri bagi seseorang. Orang-orang yang mendengar kehebatan orang lain pasti akan berusaha untuk menjadi lebih baik daripada orang yang digosipkan. Padahal hal tersebut bisa saja membuat mereka merasa stres, tertekan dan depresi. Mereka merasa kalau orang tersebut adalah saingannya yang harus dikalahkan.

Padahal stres dan depresi bisa menyebabkan masalah kesehatan tertentu kepada seseorang. Jika Anda mengalami hal seperti ini, maka Anda harus segera mendapatkan penanganan agar masalah tidak menjadi lebih parah.

Meski demikian, sebenarnya hal seperti itu bisa membuat Anda terpacu untuk menjadi orang yang lebih baik dan lebih sukses. Karena ketika Anda mendengarkan kabar dari orang lain, maka Anda akan berusaha untuk melakukan evaluasi kepada diri sendiri. Yang penting ketika Anda mendengarkan gosip adalah Anda juga harus memilah dan memilih. Kalau ternyata gosip yang berkembang hanya akan menyebabkan masalah pada kehidupan Anda, akan lebih baik kalau Anda mengabaikannya.



sumber: segiempat.com

0 komentar:

Posting Komentar