Sabtu, 03 Januari 2015

Fakta Unik Hari Ibu di Indonesia

Hari Ibu mungkin saja mnerupakan hari yang paling Anda tunggu-tunggu untuk bisa memberikan sesuatu kepada ibu dan juga untuk bisa menjadi hari Anda bisa bersama dengan ibu. Hal ini adalah hal yang memang seharusnya terjadi dan tentunya ada beberapa tradisi atau sesuatu yang bisa Anda lakukan bersama dengan ibu di Hari Ibu ini. Ada beberapa fakta berkaitan dengan Hari Ibu yang tentunya sangat menarik untuk diketahui. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa fakta unik di Hari Ibu di negara Indonesia.

1. Awal Mula Hari Ibu



Fakta unik pertama yang berkaitan dengan Hari Ibu ini adalah asal mula terjadinya Hari Ibu ini. Ternyata Hari Ibu yang bayak kita rayakan di seluruh dunia ini berawal dari perayaan yang dilakukan oleh Yunani Kuno. Ya, peradaban Yunani yang maju ini memiliki sebuah peryaan yang disebut dengan perayaan untuk Rhea. Perayaan ini adalah sebuah perayaan yang selalu dilakukan di musim semi untuk bisa memperingati kasih sayang yang diberikan oleh Rhea yang merupakan ibu para dewa. Hal ini tentunya membuat negara lain semakin berkembang dan menjadikan Hari Ibu untuk memperingati ibu kandung seseorang sendiri-sendiri.

2. Misi Peringatan Hari Ibu



Di Indonesia ini, peringatan Hari Ibu adalah hari yang bertujuan untuk bisa memberikan semangat kepada para perempuan untuk bisa maju karena tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan wanita ini juga bisa menjadikan kemajuan kualitas bangsa. Jadi pada awal hari Ibu di Indonesia diadakan ini berkaitan dengan semangat perjuangan sang wanita yang bisa memberikan kesempatan bagi wanita untuk berpendapat dan juga menunjukkan semangatnya. Hal ini sebenarnya yang menjadi alasan atau latar belakang diadakannya hari ini pada tanggal 22 Desember sebagai hari wanta yang kemudian berkembang menjadi Hari Ibu.

3. Kegiatan di Hari Ibu



Tidak hanya berkaitan dengan sejarah dai Hari Ibu, namun hal yang sangat penting adalah berkaitan dengan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Hari Ibu ini. Sekarang, Hari Ibu ini bisa diperingati dengan cara memberi kado atau hanya bisa dengan memberikan kejutan kepada Ibu berupa makan bersama dan menghabiskan waktu bersama. Namun ternyata pada jaman dahulu, kegiatan yang bisa dilakukan hanya dengan mengadakan rapat diantara para pemimpin dan juga para tokoh wanita. Hal ini tentunya menjadi hal yang cukup membosankan bukan? salah satu hal yang juga bisa dilakukan adalah dengan adanya Menteri wanita pertama yang bisa dipilih dari Kongres yang selalu diadakan di Hari Ibu ini.

4. Bangunan Peringatan Hari Ibu



Ternyata seperti layaknya pahlawan yang dibuatkan sebuah tugu atau bangunan untuk mengenangnya, Hari Ibu ini juga memiliki bangunan yang telah diresmikan menjadi monumen wanita di Bandung. Hal ini awalnya dibuat sebuat monumen dan peletakkan batu pertama oleh ketua Kongres Wanita yang kemudian disusul dengan diresmikan sebuah bangunan bernama Srikandi khusus untuk wanita dan hal ini masih ada hingga sekarang.

sumber: http://segiempat.com

0 komentar:

Posting Komentar