Kamis, 27 November 2014

Hewan Kutub Yang Mengalami Perubahan Warna

Kutub memang dikenal sebagai bagian bumi yang memiliki iklim yang sangat ekstrim. Bahkan suhunya yang rendah mampu mencapai angka ekstrim yang tak terbayangkan dan tak umum dijumpai di belahan bumi lainnya. Walaupun kutub memiliki iklim yang begitu ekstrim, namun kutub masih menjadi habitat penting bagi sebagian hewan-hewan berikut ini. Uniknya, hewan-hewan berikut akan berubah warna saat cuaca dingin menghampiri daerah kutub. Wah? Bagaimana ya pergantian warnanya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1.Ermine



Salah satu hewan yang mendiami kutub adalah Ermine. Ermine merupakan salah satu penghuni kutub yang akan mengalami perubahan warna saat kutub mengalami pergantian cuaca. Umumnya, Ermine mamalia yang berasal dari family Mustelidae ini mengalami pergantian warna kulit saat bagian kutub Asia, Amerika Utara dan Eropa mengalami musim dingin. Warna punggungnya akan berubah dari coklat menjadi warna keputihan. Perawakannya mirip dengan musang dan ia akan keluar mencari makan saat malam datang.

2.Rusa Kutub



Hewan lainnya yang tinggal di daerah kutub adalah rusa kutub. Sama halnya seperti ermine, rusa kutub juga akan mengalami perubahan warna kulit saat musim dingin datang. Saat itu, warna tubuhnya yang semula cokat bercampur putih tersebut akan nampak berbeda. Sebab, saat musim dingin tiba tubuhnya lebih didominasi dengan warna putih daripada coklat.

3.Ptarmigan



Ptarmigan merupakan hewan lain yang hidup di daerah kutub. Namun, mereka umumnya tinggal di daerah kutub yang terletak di bagian Amerika Utara. Oleh masyrakat sekitar, ptarmigan dikenal dengan nama burung belibis. Saat musim dingin tiba, burung belibis akan mengalami perubahan warna sama seperti yang dialami oleh rusa kutub dan ermine. Warna tubuhnya yang semula coklat akan berubah menjadi putih. Namun uniknya, walaupun warna tubuhnya berubah, namun warna ekornya masih tetap saja sama walaupun musim terus berganti.

4. Kelinci Kutub



Kelinci yang tinggal di daerah kutub biasa disebut dengan kelinci kutub. Sama halnya dengan hewan-hewan kutub lainnya, kelinci kutub juga akan mengalami perubahan warna saat musim dingin tengah melingkari daerah kutub. Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, perubahan warna tubuh yang dilakukan oleh kelinci kutub sangat bermanfaat untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat di tengah dinginnya daerah kutub.

5. Serigala Kutub



Satu lagi hewan kutub yang mengalami perubahan warna tubuh saat musim dingin tiba. Hewan tersebut adalah serigala kutub. Ya, musim dingin yang jatuh pada bulan September tersebut ternyata membawa dampak tersendiri bagi serigala kutub. Sedangkan saat musim panas tiba, tubuhnya juga kembali akan mengalami perubahan warna menjadi coklat. perubahan warna tersebut sangat memudahkannya untuk memangsa tikus.

0 komentar:

Posting Komentar