Jumat, 28 November 2014

Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak

                                          Foto Kebiasaan-Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak Oleh Kesehatan SegiEmpat

Otak merupakan pengatur semua aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Sebab otaklah yang mengatur kinerja sistem saraf dan berbagai aktivitas dalam tubuh kita. Sayangnya, berbagai deadline dan gaya hidup yang semakin modern justru membuat banyak orang melupakan kesehatan otak. Mereka kerap melakukan berbagai kebiasaan yang dianggapnya biasa atau sepal namun sebenarnya sangat mempengaruhi proses kerusakan otak. Parah sekali bukan? Lalu kira-kira, kebiasaan apa saja ya yang sebenarnya dapat merusak otak kita? Yuk, simak ulasan lengkap mengenai kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak otak berikut ini.


1. Waktu Tidur Kurang

Satu dari kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak otak adalah kurangnya waktu tidur yang dimiliki oleh seseorang. Menurut penelitian, orang dewasa harusnya memiliki waktu tidur minimak 8 jam sehari bergantung dari pola tidur yang ia terapkan. Sebab, waktu tidur yang kurang akan membuat otak kehilangan banyak energi sehingga dia hanya memiliki waktu yang sangat sedikit untuk memenuhi energinya kembali. Dengan seikitnya energi yang dimiliki, maka otak tidak dapat bekerja secara maksimal sehingga dapat mempengaruhi berbagai aktivitas yang Anda jalankan sehari-hari. Nah, apakah Anda pernah mengalaminya?


2. Menatap Gadget Dalam Waktu yang Lama

Kebiasaan lain yang dapat merusak otak kita adalah menatap gadget dalam waktu yang lama. Ya, kita dapat merasakan sendiri fenomena dimana manusia modern kini tidak dapat bertahan dalam kondisi yang lama tanpa menggunakan gadget seperti smartphone, tablet, laptop, dan berbagai gadget lainnya. Bagi mereka menggunakan gadget dalam jangka waktu yang lama dapat memberikan kepuasan tersendiri. Mereka dapat melakukan berbagai hal dan menjelajahi berbagai sudut dunia hanya dengan menggenggam atau menggunakan gadget. Namun tahu kah Anda? Ternyata menatap gadget dalam waktu yang lama dapat mempengaruhi kesehatan otak kita. Bukan hanya otak, penggunaan gadget dalam waktu yang lama juga dapat menimbulkan kerusakan mata yang tak mudah dipulihkan dengan segera. Oleh sebab itu, ada baiknya jika mulai kini Anda membiasakan diri untuk menggunakan gadget sesuai dengan keperluan Anda. Selain itu, Anda dapat memastikan jika pencahayaan yang ada di sekitar Anda benar-benar bagus sehingga dapat menjaga kesehatan mata Anda. Kira-kira, mana yang lebih Anda sayang, gadget Anda yang super mahal? Gengsi Anda yang sangat besar? Atau tubuh Anda yang sehat?


3. Terlalu Memaksakan Diri


Satu lagi kebiasaan yang dapat merusak otak, yaitu kebiasaan yang terlalu memaksakan diri Anda sendiri. Saat Anda merasa tubuh kurang fit, maka jangan memaksakan kehendak untuk terus melakukan aktivitas Anda sehari-hari, sebab Anda akan berpeluang mengalami kolaps dan otak pun tidak akan mampu bekerja dengan maksimal. Saat otak tidak mampu bekerja secara maksimal, maka Anda pun tidak akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sebaliknya, cobalah untuk beristirahat sejenak, setelah Anda merasa benar-benar baikan maka Anda dapat melanjutkan aktivitas Anda lagi.

0 komentar:

Posting Komentar