Kamis, 20 November 2014

Penemuan Thomas Alva Edison yang Tak Terpublikasi

Selama ini, Thomas Alva Edison dikenal sebagai salah satu penemu ternama. Temuannya seperti bola lampu memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan modern saat ini. Namun tahu kah Anda? Ternyata selain itu, ada pula beberapa temuan Thomas Alva Edison lainnya yang tak kalah spektakulernya dengan penemuan bola lampu namun sangat jarang terpublikasikan. Kira-kira, apa saja kah itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Mesin Bersuara



Salah satu temuan Thomas Alva Edison yang tak terpublikasikan adalah mesin suara. Temuan yang berhasil ia ciptakan pada tahun 1868 ini merupakan sebuah alat penghitung suara yang memiliki model pertanyaan Ya atau tidak. Mesin bersuara tersebut disebut dengan istilah Vote Recorder. Namun sayangnya, temuannya ini memiliki waktu memproses yang lama sekali sehingga membuat seorang Ketua Komite Kongres menyeletuk jika temuan Thomas Alva Edison ini merupakan temuan yang paling tidak pernah diinginkan keberadaannya.

2. Boneka Bersuara



Bukan hanya itu, Thomas Alva Edison ternyata juga pernah menemukan “Boneka Bersuara” pada tahun 1877 silam. Boneka Bersuara tersebut merupakan sebuah miniatur pemutar musik yang diletakkan ke dalam sebuah boneka. Ya, benar sekali, pemutar musik tersebut merupakan sebuah fonograf. Fonograf tersebut dapat digunakan untuk merekam sehingga dapat digunakan oleh anak-anak sebagai boneka yang seolah-olah dapat berbicara.


3. Baterai Mobil Listrik



Thomas Alva Edison pernah memperkenalkan sebuah teknologi baru dalam dunia otomotif, yakni baterai nikel – besi kepada publik. Dan apa yang dikenalkan oleh Edison saat itu, ternyata mampu menginspirasi banyak produsen mobil seperti Detroit Electric dan Baker Electric untuk membuat sebuah mobil yang memiliki teknologi yang sama dengan teknologi yang dikenalkan oleh Edison. Selang beberapa waktu setelah pengenalan tersebut, Edison kemudian memiliki mimpi untuk membuat sebuah mobil listrik. Namun, di sebuah pesta makan malam yang terjadi pada hari setelahnya, Henry Ford tiba-tiba saja memberikan sebuah catatan kecil kepada Edison yang mengatakan jika mobil listrik telah mati. Dan pernyataan yang dikatakan oleh Ford ternyata benar-benar terbukti, sehingga mimpi Edison pun tak pernah terwujud hingga ajal menjemputnya.

4. Telepon Khusus Arwah



Satu lagi temuan Thomas Alva Edison yang tak terpublikasikan. Temuan tersebut adalah telepon khusus arwah. Temuan ini kini masih terus diperbincangkan dan diperdebatkan oleh banyak pihak. Sebab Edison pernah menyampaikan idenya kepada media untuk membuat sebuah telepon yang mampu memanggil orang yang telah meninggal dunia pada tahun 1920 silam. Namun selang setahun setelahnya, Edison kemudian mengklarifikasi perkataannya kepada New York Times dengan mengatakan bahwa temuannya tersebut mampu mendeteksi unit kehidupan yang berada diantara kematian. Namun berbagai pihak justru mengatakan bahwa gagasan Edison ini benar-benar gagal total.

sumber: http://segiempat.com/

0 komentar:

Posting Komentar