Selasa, 25 November 2014

Pesawat Teraneh yang Pernah di Buat

Sejak awal mula penemuan hingga perkembangannya, ternyata pesawat menyimpan sebuah kisah yang cukup menarik untuk disimak. Ya, sejarah perkembangan pesawat mencatat bahwa nyatanya tak semua pesawat memiliki desain terbaik dan terkuat. Sebab, beberapa pesawat justru dirancang dengan desain yang aneh bahkan nampak begitu buruk. Salah satunya adalah beberapa pesawat yang akan kita berikut ini. Kira-kira pesawat mana saja kah yang masuk dalam daftar pesawat yang memiliki desain dan fungsi teraneh dan terburuk? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. TUPOLEV TU-144


Salah satu pesawat teraneh yang pernah diciptakan adalah TUPOLEV TU-144. Ya, pesawat yang mirip dengan Concorde ini merupakan sebuah pesawat supersonik pertama buatan Rusia yang memiliki kecepatan udara hingga dua kali lipat. Pesawat yang pernah mendapatkan julukan Concordski ini boleh jadi memiliki kecepatan super, namun tahu kah Anda? Ternyata dibalik kekuatan super yang ia miliki. TUPOLEV TU-144 juga pernah mengalami beberapa kesialan yang salah satunya adalah pernah jatuh hingga tiga kali saat tengah melakukan sebuah aksi di Paris Air Show pada tahun 1973 silam. Dan tahu kah Anda? Akibat pernah mengalami sebuah kecelakaan parah, maka pemerintah Rusia pun pernah mengirimkan sebuah surat khusus untuk pengelola TUPELOV TU-144 yang memintanya untuk berhenti mengudara pada tahun 1985 silam.

2. B.O.A.C. de Havilland Comet



Lain lagi dengan cerita B.O.A.C. de Havilland Comet. Pesawat jenis jet komersial pertama buatan Inggris ini awalnya merupakan salah satu pencapaian terbesar pemerintah Inggris yang berhasil mengudara pada tahun 1949 silam. Namun sayangnya, kini B.O.A.C. de Havilland Comet hanya dapat dikenang saja sebab pesawat ini dinyatakan sebagai salah satu pesawat yang tidak memiliki kemanan baik untuk diterbangkan. Statement tersebut sebenarnya cukup masuk akal, sebab dari 114 pesawat jenis B.O.A.C. de Havilland Comet yang diproduksi, nyatanya 13 diantaranya jatuh lantaran memiliki catat produksi pada bagian material logamnya yang mudah rusak.

3. H-4 Hercules



Pesawat yang memiliki julikan “The Spruce Goose” ini merupakan pesawat buatan Amerika Serikat yang dinilai paling handal dan “berbadan” besar. Namun sayangnya, H-4 Hercules justru tak pernah digunakan dengan baik oleh pemerintah Amerika Serikat. Padahal rencananya, pesawat yang memiliki rentangan sayap sepanjang 97 meter ini akan digunakan sebagai salah satu perlangkapan perang pasukan militer Amerika Serikat pada saat terjadinya Perang Dunia II. Namun sayangnya, hingga Perang Dunia II selesai sekali pun, pesawat ini justru tak kunjung selesai dibuat. Alhasil, setelah selesai dibuat, H-4 Hercules pun hanya pernah diterbangkan sebanyak satu kali saja.

4. LWS-4 Zubr



LWS-4 Zubr merupakan sebuah pesawat yang dinilai memiliki kualitas buruk dan tak memiliki manfaat. Selain dikenal tak memiliki kenyamanan sama sekali saat diterbangkan, pesawat ini juga dapat hancur lantaran menerima tekanan udara yang tinggi. Bukan hanya itu, LWS-4 Zubr juga tidak mampu mengudara saat mengangkut dua kardus rokok. Oleh sebab itu, pesawat ini pun hanya pernah diterbangkan beberapa kali saja saat terjadinya Perang Dunia II. Dan saat diterbangkan itu pun, LWS-4 Zubr tak pernah dilibatkan dalam suatu pertempuran.

sumber: http://segiempat.com/

0 komentar:

Posting Komentar