Jumat, 20 Maret 2015

Waspada! Penggunaan Headset Dapat Merusak Otak!


Mendengarkan musik memang tidak ada matinya, selain bisa membangkitkan suasana hati menggunakan headset atau earphone sambil mendengarkan MP3 sangat menyenangkan. Namun, kebiasaan ini ternyata memiliki bahaya yang sangat serius pada pendengaran dan juga otak. Meski menyenangkan dan bisa menjaga konsentrasi saat bekerja penggunaan headset sambil mendengar musik kesukaan merupakan kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan.

Dari hasil penelitian para pakar kesehatan dan juga pakar spesialis otak menyatakan jika kebiasaan tersebut sebenarnya merupakan kebiasaan yang sangat berpotensi merusak pendengaran dan juga otak pengguna. Bahaya headset tersebut pun diperkuat dengan peneliti dari Committee on Eerging Anda Newly Identified Healt Risk. Dalam penelitiannya mereka menyebut jika penggunaan headset selama 5 jam dengan volume yang besar selama seminggu bisa menimbulkan bahaya yang sangat serius pada pendengaran. Bahkan tidak hanya berpotensi merusak pendengaran secara permanen, tapi juga akan menimbulkan masalah yang berbahaya pada otak. Apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan atas penggunaan headset? Berikut ulasannya.

Kerusakan Permanen


Pendengaran merupakan indra yang paling pertama terancam pada para pengguna headset atau earphone. Bahkan kerusakan permanen pun menjadi hal yang sangat mungkin terjadi. Para pakar menyebut jika kerusakan yang terjadi biasanya diawali dengan masalah ppada ambang telinga. Suara music yang diputar dengan keras dan dalam jangka waktu lama akan memberikan efek berbahaya pada ambang telinga. Jika ini terus dilakukan maka kerusakan permanen pada pendengaran pun bisa terjadi. Kerusakan ini tidak hanya terjadi pada mereka yang berusia lanjut namun bisa terjadi pada remaja dan juga orang dewasa. Mungkin bahaya yang ditimbulkan memang belum terasa namun seiring dengan meningkatnya usia maka tingkatan volume pun semakin menghilang hingga akhirnya telinga pun tidak lagi bisa mendengar suara terkecil sekalipun.

Kerusakan Otak

Saat digunakan headset akan memancarkan gelombang elektromagnetik, gelombang inilah yang dipercaya sangat berpotensi merusak gelombang otak sehingga bisa menimbulkan bahaya kerusakan pada otak. Meski hal ini masih dikaji lebih dalam namun sejumlah pakar percaya jika gelombang elektromagnetik sangat berbahaya pada aliran listrik dalam otak manusia.

0 komentar:

Posting Komentar