Sabtu, 21 Maret 2015

Awas! Makanan-Makanan Berikut Membuat Cepat Tua!

Ternyata, tak semua makanan yang kita konsumsi setiap hari dapat memberikan dampak positif bagi tubuh. Sebab, beberapa makanan berikut justru tercatat dapat memberikan dampak yang negatif bagi tubuh kita, yakni dapat membuat kita menjadi cepat tua. Wah? Bahaya juga ya? Lantas kira-kira makanan apa saja kah yang dapat membuat kita cepat tua? Apakah makanan-makanan tersebut merupakan salah satu makanan yang kerap kita makan sehari-hari? Yuk, simak langsung ulasan lengkapnya berikut ini.


1. Gula dan Berbagai Macam Makanan yang Manis



Tahu kah Anda? Mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan, ternyata dapat mempercepat terjadinya proses glikasi. Dimana proses tersebut akan membuat Anda nampak lebih tua. Molekul-molekul gula berlebihan tersebut akan digabungkan dengan protein yang akan bereaksi dan menghasilkan produk akhir berupa glikasi. Glikasi yang terbentuk akan merusak kolagen kulit yang seyogyanya mengandung banyak protein yang membuat kulit dapat nampak terus muda. Selain memiliki dampak negatif bagi kulit, ternyata mengonsumsi makanan manis yang terlalu berlebihan juga dapat membuat senyum Anda menjadi lebih buruk. Sebab, gula atau pemanis tersebut akan menempel pada gigi yang akan mendorong munculnya bakteri. Sehingga akan terjadi proses pembusukan dan perubahan warna pada gigi.


2. Alkohol



Alkohol ternyata mampu merusak kulit hingga membuat Anda nampak lebih tua. Hal tersebut terjadi lantaran alkohol memiliki dampak yang negatif bagi hati. Hati selama ini juga dikenal mempengaruhi kesehatan kulit. Hati yang berada pada kondisi yang sehat dapat membuat racun yang berpotensi merusak kulit dibuang secara alami melalui tubuh Anda. Sebaliknya, hati yang berada pada kondisi buruk dapat membuat racun menumpuk dan sulit dipecahkan dengan sempurna sehingga berbagai masalah seperti jerawat dan keriput dapat timbul di kulit. Selain itu, minuman beralkohol juga dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi buruk ketika Anda tidur.


3. Wine Putih



Pun begitu dengan wine putih. Jenis minuman yang satu ini ternyata dapat membuat gigi cepat rusak. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam dalam wine putih yang mampu membuat gigi mudah terkena noda yang sangat sulit dihindarkan. Oleh sebab itu, apabila Anda merupakan salah seorang penggemar berat wine, maka ada baiknya setelah meminum wine Anda harus segera sikat gigi guna mempertahankan kesehatan gigi.


4. Daging Hangus



Satu lagi makanan yang dapat membuat Anda cepat tua. Makanan tersebut adalah daging hangus. Biasanya, daging hangus dapat kita temui di pinggiran daging burger atau daging lainnya yang nampak menghitam. Tahu kah Anda? Ternyata, daging hangus tersebut memiliki potensi besar mengandung hidrokarbon pro-inflamasi yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan yang dapat merusak kolagen. Oleh sebab itu, guna menghindari terjadinya kerusakan pada kulit, maka Anda harus membuang bagian hitam dari daging tersebut sebelum dimakan.

0 komentar:

Posting Komentar