Sabtu, 21 Maret 2015

Obyek Terunik di Alam Semesta



Alam semesta memang masih menyimpan berbagai macam misteri yang sangat unik untuk dibahas. Mulai dari pusat tata surya, galaksi yang jumlahnya sangat banyak, hingga berbagai obyek terunik yang pernah ada di dalamnya. Ya, beberapa obyek yang ada di luar angkasa memang sangat menarik untuk dibahas, terlebih karena mereka memiliki ukuran yang begitu besar dan berbagai kondisi fisik yang tak biasa. Nah kira-kira, apa saja ya obyek terunik di alam semesta tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.


1. Bintang Neutron



Salah satu obyek terunik di alam semesta adalah bintang neutron. Obyek yang memiliki massa 1,5 kali lipat lebih besar dari massa matahari ini merupakan sebuah obyek unik yang sangat indah. Walaupun massanya lebih besar dari matahari namun obyek ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari matahari. Bintang neutron memiliki tarikan gravitasi yang 200 milyar lebih besar daripada gravitasi bumi. Bukan hanya itu, obyek luar angkasa yang diameternya mencapai 20 – 30 kilometer ini juga diketahui berputar hingga 716 kali setiap detik.


2. Olympus Mons



Obyek terunik di alam semesta lainnya adalah Olympus Mons. Olympus Mons merupakan gunung berapi terbesar yang ada di Mars dan tata surya. Olympus Mons memiliki ketinggian tiga kali lipat lebih besar daripada gunung tertinggi di bumi, Mount Everest. Gunung yang diameternya mencapai 624 kilometer ini menonjol hingga 16 mil ke langit planet Mars dan memiliki sebuah kaldera yang diameternya mencapai 50 mil pada bagian puncaknya. Wah? Menakjubkan sekali bukan?


3. Io


Satu lagi obyek terunik dari alam semesta. Obyek tersebut adalah Io. Io merupakan salah satu satelit utama milik planet Jupiter yang ukurannya hampir sama dengan satelit bumi, bulan. Io memiliki jarak yang sangat jauh dari Jupiter, yakni mencapai 350.000 kilometer. Walaupun ukurannya begitu kecil dari Jupiter, namun Io memiliki gunung berapi aktif yang jumlahnya cukup banyak. Jupiter sendiri memiliki gravitasi tinggi yang dapat menarik dan melenturkan tubuh Io selama berjalan dalam orbitnya. Bukan hanya menarik dan melenturkan, kekuatan gravitasi milik Jupiter tersebut juga mampu melelehkan bagian dalam Io dan berbagai gunung berapi yang ada di dalamnya. Akibat hal itu, gunung berapi yang ada di dalam Io terus menerus memuntahkan lava ke bagian permukaannya. Lava yang dimuntahkan tersebut akan menutupi daratan Io hingga membuatnya berwarna kuning. Warna kuning yang muncul tersebut mengandung senyawa sulfur. Terkadang, gunung berapi aktif yang ada di Io tersebut memuntahkan lavanya hingga ke atas permukaan dan sampai ke bumi. Salah satu bukti adanya muntahan gunung berapi aktif Io dapat dilihat dari fenomena lewatnya material vulkanik hasil letusan di Stasiun Antariksa Internasional. Mungkin masih banyak sekali obyek terunik lainnya di alam semesta yang belum diketahui oleh manusia. Namun setidaknya beberapa obyek yang telah dibahas menunjukkan betapa besar dan agungnya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

0 komentar:

Posting Komentar