Jumat, 20 Maret 2015

Bangunan Dengan Rumus Matematika Rumit

Untuk membuat sebuah bangunan yang megah dan juga bisa tahan terhadap segala hal yang terjadi bisa dilakukan dengan cara perhitungan selain dari adanya beberapa tradisi dan kepercayaan kuno untuk membuat bangunan bersejarah. Hal inilah yang membuat banyak bangunan tanpa adanya perhitungan matang dan baik bisa runtuh dan banyak juga bangunan yang hingga kini masih terus berdiri dan hal ini ternyata juga memiliki perhitungan matematika yang sulit. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa bangunan dengan rumus matematika rumit di dunia.


1. Parthenon



Bangunan kuno yang satu ini adalah bangunan yang berada di Yunani dan dibuat pada masa Yunani Kuno. Seperti sejarah yang kita ketahui, bangunan ini adalah bangunan yang berupa kuil pemujaan kepada salah satu dewi Yunani yaitu Dewi Athena yang merupakan dewi kebijaksanaa. Bangunan yang bernama Parthenon ini adalah bangunan yang sangat megah dan memiliki arsitektur yang sangat indah dan memukau pada tahunnya. Ternyata dalam pembangnan bangunan ini, aspek yang diperhatikan adalah dengan pembangunan menggunakan rasio emas. Banyak para ahli yang memperdebatkan mengenai rasio emas dan perhitungannya yang terkenal sangat rumit ini. Namun ternyata rasio emas ini digunakan oleh arsitek Yunani saat itu yang bernama Phidias bahkan Phidias inilah yang menciptakan salah satu simbol rasio emas ini dan mengaplikasikannya pada Parthenon dan seluruh interiornya.


2. Chichen Itza



Di Meksiko juga ada sebuah situs bersejarah yang merupakan peninggalan dari suku Maya. Seperti yang kita ketahui jika suku Maya adalah suku yang memiliki peradaban sangat maju karena memiliki kemajuan ilmu pengetahuan yang cukup luar biasa jika dibanding dengan suku lainnya. Bangunan ini adalah Chichen Itza yang dibuat dengan prinsip angka nol pada perhitungan bangunan ini. Dalam pembangunan Chichen Itza ini suku Maya membuat semua aspeknya dalam segala perhitungan matematika dan juga astronomi yang cukup rumit sehingga dalam bangunan ini bisa dilihat adanya kesesuaian dalam dunia astronomi.


3. Alhambra



Kali ini sebuah situs bersejarah yang dimiliki di negara Spanyol ini adalah salah satu bangunan dengan rumus matematika yang rumit. Bangunan yang bernama Alhambra ini adalah bangunan yang merupakan situs agama Islam paling penting di Spanyol. Alhambra ini memiliki rumus perhitungan yang rumit pada interior dan keramik dari bangunan ini yang disebut dengan crystallographic yang memperhatikan ilmu geometrinya. Crystallographic ini adalah salah satu rumus perhitungan yang banyak diaplikasikan dalam bangunan megah agama Islam, namun di Alhambra ini lebih banyak lagi sehingga membuatnya nampak lebih menarik.


4. Piramida Giza



Bangunan bersejarah berikutnya ini adalah bangunan yang biasa disebut dengan Piramida Giza. Bangunan yang ada di Mesir ini adalah bangunan yang tertua dan bisa tetap berdiri di Mesir. Ternyata fakta unik dari piramida ini adalah adanya beberapa perhitungan matematis yang rumit. Jika dihitung, keliling piramida ini menggunakan rumus Pi dan juga adanya kesesuaian terhadap hari dalam setahun. Hal inilah yang membuat bangunan ini bisa menjadi bangunan kokoh hingga saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar