Jumat, 20 Maret 2015

Fenomena Unik Tubuh Manusia

Tubuh manusia adalah salah satu satu kesatuan yang memiliki sistem untuk menjalankan proses dan tujuannya dalam menunjang kehidupan. Sudah bukan hal yang aneh lagi jika seseorang yang mengalami gangguan pada salah satu organnya, maka akan terjadi lagi dengan organ lainnya. Banyak fenomena yang kita temui di dunia ini berkaitan dengan tubuh manusia dan hal ini tentunya banyak menarik perhatian untuk diketahui lebih lanjut. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa fenomena unik tubuh manusia yang perlu untuk diketahui.


1. Merinding



Pastinya semua orang pernah mengalami rasa merinding ini bukan? Rasa merinding yang tiba-tiba dirasakan ini sebenarnya merupakan hal yang sangat mengganggu. Biasanya banyak kita menemui seseorang yang merasa merinding ketika kita dalam keadaan yang sedang takut atau sedang kedinginan. Keadaan lingkungan yang dingin ini akan membuat otot di dalam tubuh khususnya di indra perasa ini akan berkontraksi. Hal ini bisa dikarenakan adanya tekanan atau keadaan tubuh yang kurang baik. Hal inilah yang membuat seseorang merinding dan pori-pori tubuh lebih menonjol lagi.


2. Menguap Itu Menular



Sebuah research mengenai salah satu fenomena tubuh manusia yang satu ini adalah sebuah penelitian yang cukup unik karena membahas mengenai menguap. Sering kita melihat dalam sebuah ruangan jika ada seorang yang menguap, maka orang lain juga ikut menguap. Hal ini dikarenakan menguap adalah salah satu hal yang menular. Menularnya efek menguap kepada orang lain ini adalah hal yang lumrah dan menunjukkan bahwa orang tersebut empati kepada Anda. Bahkan jika dikatakan cara melihat efek tularan menguap ini adalah cara yang biasa digunakan warga primitif untuk mengetahui perasaan yang dimiliki seseorang tersebut.


3. Perbedaan Warna Gigi



Mungkin banyak orang yang mengira bahwa warna gigi seseorang adalah warna gigi yang bisa didapatkan dengan berbagai usaha seperti makan makanan yang tidak merusak warna gigi dan juga menggunakan produk pemutih gigi. Hal ini tentunya bukan merupakan hal yang sangat aneh, dan banyak penelitian membenarkan hal ini. Namun menurut penelitian yang dilakukan oleh Amerika Dental Assosiation, perbedaan warna gigi seseorang ini adalah hal yang juga diturunkan dari orangtua kepada anaknya. Keberadaan gen ternyata juga mempengaruhi hal ini.


4. Waktu Bangun Tidur Remaja



Sudah bukan hal yang aneh lagi ketika kita mendapati seorang remaja lebih suka menghabiskan waktu paginya di tempat tidur atau bangun siang. Sepertinya semua remaja mengalami hal ini. Namun ternyata hal tersebut adalah hal yang wajar karena adanya perbedaan antara masa kecil perpindahan ke masa dewasa. Pada saat anak-anak, tubuh manusia ini memproduksi hormon melatoin yang mengatur waktu tidur dan bangun seseorang pada saat sore hari. Dan ketika remaja, hormon ini diproduksi pada malam hari sehingga remaja akan lebih sering tidur malam hari dan pada paginya mereka cenderung untuk melengkapi jam tidur mereka. Hal inilah yang menjadi alasan banyak para remaja bangun siang.

0 komentar:

Posting Komentar