Jumat, 20 Maret 2015

Sepeda Motor Tertua di Dunia

Di dunia yang semakin berkembang ini, kemajuan dalam bidang transportasi sepertinya merupakan hal yang tidak bisa terelakkan bukan? Oleh karena itu, sudah bukan hal yang baru lagi jika kita banyak melihat alat transportasi yang semakin modern dan juga canggih seperti kehadiran mobil dengan bahan bakar cahaya hingga sepeda motor dengan desain yang terbaru. Namun hal yang tidak kalah penting yang perlu kita ketahui adalah alat transportasi pada jaman dahulu terutama sepeda motor yang banyak digunakan. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa sepeda motor tertua di dunia.


1. Humber 1902



Sepeda motor pertama yang merupakan sepeda motor terunik adalah sepeda motor dengan nama Humber 1902. Disebut sepeda motor Humber karena orang yang menciptakannya adalah seorang berkebangsaan Inggris bernama Thomas Humber meskipun pada akhirnya proyek sepeda motor jaman dahulu ini diserahkan kepada bawahannya yaitu Penington dan juga Lawson. Sepeda motor ini meerupakan sepeda motor yang dikeluarkan pada tahun 1902 dan langsung bisa menarik perhatian banyak orang dan menjadi salah satu awal dari berkembangnya alat transportasi di Inggris. Sungguh cukup unik bukan?


2. Curtis V8 1907



Kali ini sepeda motor tertua ini bisa dikatakan sebagai sepeda motor bersejarah bagi negara Amerika Serikat. Amerika Serikat telah banyak menciptakan beberapa alat transportasi terutama sepeda motor dalam segala mesin dan juga kecepatan. Namun sepeda motor yang satu ini bisa dikatakan sebagai sepeda motor pertama dengan mesin yang sangat besar dan juga kemampuan mesin yang tinggi dan cukup menakjubkan pada tahun 1907. Sepeda motor ini diciptakan oleh seorang pilot bernama Glen Hammond Curtis yang bisa memecahkan rekor mengemudi dengan kecepatan tertinggi yaitu 218 km/jam. Dari bentuk sepeda motor ini juga bisa dikatakan memiliki bentuk yang sangat unik dan juga penuh arti.


3. Holden 1899



Bisa dikatakan bahwa sepeda motor yang satu ini adalah sepeda motor tertua di dunia. Sepeda motor dengan nama Holden 1899 ini adalah sepeda motor yang diciptakan oleh seorang kolonel bernama Henry Holden yang saat itu banyak menarik perhatian dunia karena merupakan salah satu sepeda motor dengan 4 silinder pertama di dunia. Hal inilah yang membuat sepeda motor ini juga menjadi salah satu sepeda motor bersejarah di dunia. Meskipun pada saat itu, kecepatan dari sepeda motor yang unik dalam segi bentuk ini hanya sekitar 40km/jam, namun hal ini sudah bisa dikatakan sebagai pencapaian yang luar biasa.


4. Motosachoce 1900



Sepeda motor berikutnya yang bisa dikatakan merupakan sepeda motor tertua adalah sepeda motor yang bernama Motosachoce 1900. Sepeda motor ini adalah produk sepeda motor yang dikeluarkan oleh perusahaan alat transportasi di Perancis pada tahun 1900. Sepeda motor ini hampir sama dengan sepeda motor Humber yang telah kita bahas sebelumnya. Namun keunikan dari sepeda motor Motosachoce ini adalah bisa disebut sebagai sepeda motor dengan rangka terkuat pada jaman dahulu dan memiliki sekitar 215 cc pada mesinnya.

0 komentar:

Posting Komentar