Sabtu, 21 Maret 2015

Efek Samping dari Mengupil

                                                  dampak mengupil oleh Kesehatan SegiEmpat

Tidak ada yang tidak suka mengupil, kebiasan yang satu ini sering digunakan oleh seseorang untuk membersihkan kotoran dari hidungnya. Meski mengasikkan dan praktis, namun ternyata ada berbagai efek samping yang bisa terjadi karena kebiasaan yang satu ini. Kebiasaan yang satu ini ternyata memiliki banyak efek samping. Beberapa hal yang bisa terjadi dari kebiasaan mengupil adalah infeksi, mimisan dan terakhir gangguan jiwa. Berikut adalah efek samping dari mengupil :
Infeksi dan Luka

Terdapat begitu banyak pembuluh darah di dalam rongga hidung dan pembuluh darah itu sangat mudah untuk terluka. Gesekan yang terjadi saat Anda mengupil, terlebih lagi saat rongga hidung Anda sedang kring membuatnya lebih mudah terluka. Jadi saat jari Anda masuk ke dalam rongga hidung, maka pembuluh darah yang terdapat di dalam rongga hidung Anda akan terluka sehingga Anda berpotensi untuk mimisan.


Selain itu, jari juga berpotensi untuk menularkan kuman yang bisa menyebabkan infeksi. Terlebih lagi jika jari Anda sedang kotor, sehingga potensi untuk menularkan bakteri dan virus berbahaya bisa lebih besar. Jika infeksi sudah semakin parah, maka yang selanjutnya terjadi adalah peradangan.

Hal lain yang bisa terjadi jika Anda mengorek hidung terlalu keras adalah bulu hidung Anda bisa rontok. Padahal bulu hidung berfungsi untuk menahan debu serta polusi udara ke saluran pernapasan. Jadi saat bulu hidung Anda rontok, rongga hidung Anda tidak akan memiliki penyaring yang cukup sehingga resiko untuk terjadi infeksi saluran pernapasan dan berbagai penyakit lainnya bisa terjadi.

Rhinotillexomania alias Gila Ngupil

Rhinotillexis berasal dari bahasa latin, yaitu rhino yang berarti hidung dan tillexis yang berarti mengambil atau kebiasaan. Jadi mengupil dalam bahasa latin adalah Rhinotillexis. Ternyata dalam dunia psikiatri terdapat sebuah istilah yang dinamakan Rhinotillexomania. Pemberian kata mania pada rhinotilleksis berarti kebiasaan mengupil bisa membuat seseorang menderita sebuah kelainan. Pengertian dari Rhinotillexomania sendiri secara umum adalah suatu kondisi psikologis dimana seseorang sangat menikmati kepuasan ketika dia mengupil. Saat orang tersebut mengupil, dia tidak hanya akan membersihkan sisa-sisa dari kotoran di hidungnya tetapi orang tersebut juga akan mendapatkan efek yang lebih.

0 komentar:

Posting Komentar