Sabtu, 21 Maret 2015

Jalanan Berliku Paling Unik di Dunia

Jalanan merupakan salah satu media yang dapat digunakan oleh masyarakat luas untuk mempermudah aktivitas mereka sehari-hari. Sebab dengan adanya jalanan yang memadai, maka masyarakat pun dapat dengan mudah menjangkau tempat yang satu dengan yang lainnya. Namun seperti yang kita ketahui, jalanan yang digunakan sebagai penghubung satu daerah dengan daerah lainnya tersebut tak selamanya tersedia dengan sangat memadai, tak selamanya pula memiliki jalur yang mudah dilampaui. Pun begitu dengan jalanan berliku berikut ini. Lain daripada jalanan berliku lainnya, jalanan ini memiliki lajur berliku yang sangat unik dan tentunya dapat memicu adrenalin penggunanya. Nah, kira-kira dimana saja kah letak jalan berliku paling unik tersebut? Dan bagaimana lajur dan medan yang dimiliki oleh masing-masing jalan berliku tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.


1. Los Caracoles



Salah satu jalan berliku yang paling unik adalah Los Caracoles Pass. Jalanan berliku yang satu ini merupakan sebuah jalanan yang melewati Andes yang terletak diantara Chili dan Argentina. Los Caracoles sendiri merupakan serangkaian jalanan tanjakan yang memiliki landaian yang begitu curam. Bukan hanya curam, Los Caracoles jug memiliki belokan yang tajam tanpa adanya pemasangan pagar keamanan yang dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Selain medannya yang sangat berbahaya, jalanan ini juga dihiasi dengan salju-salju dan pemandangan alam yang membuat siapa pun yang lewat di sini harus benar-benar hati-hati dan sabar apabila ingin selamat. Uniknya, jalanan ini sengaja dibuat dengan medan dan jalur yang sedemikian rumit dan ekstrimnya hanya untuk mengurangi jumlah kecelakaan secara signifikan. Kondisinya yang sangat ekstrim tak membuat truk dan bis turis dek ganda kapok melewati jalanan ini.


2. Jalan Raya Halsema



Jalan raya Halsema merupakan jalanan tertinggi yang terletak di Filipina. Untuk melewatinya hingga akhir, maka Anda membutuhkan waktu setidaknya enam jam. Jalanan yang terletak di Pulau Luzon ini melintang melewati Lembah Cordillera Sentral dari Baguio ke Bontoc dan menuju Tabuk dan Tuguegarao. Beberapa bagian dari jalanan ini parahnya belum diaspal. Dan hal tersebut tentu tak membuat jalanan ini terlepas dari berbagai marabahaya. Sebab, kondisi seperti longsor dan batu jatuh sudah biasa terjadi di jalanan ini. Kondisi tersebut membuat banyak pengendara motor membutuhkan waktu yang sangat lama untuk melintasinya.


3. Grimsel



Satu lagi jalanan berliku yang tak kalah uniknya dengan jalanan-jalanan lainnya. Jalanan tersebut adalah Grimsel. Total, jalanan yang terletak di pegunungan tinggi di Swiss ini memiliki ketinggian yang mencapai 2.165 meter. Grimsel menghubungkan lembah Rhone River yang terletak di wilayah Valais dan Haslital yang terletak di wilayah Bern. Grimsel memiliki lajur yang berkelok-kelok hingga membuatnya nampak seperti pita. Jalanan yang dibangun pada tahun 1890an ini dipenuhi oleh hutan yang penuh dengan belokan lebar namun memiliki pemandangan alam yang begitu cantik.

0 komentar:

Posting Komentar