Sabtu, 21 Maret 2015

Manfaat Berdoa Bagi Kesehatan

Berdoa adalah suatu hal yang dilakukan oleh orang yang beragama dan doa ini ditujukan kepada Tuhan dan berharap semua keinginan yang ada pada doa ini dikabulkan oleh Tuhan. Doa ini adalah hal yang paling dipercayai bisa mengubah semua hal yang awalnya terlihat tidak mungkin menjadi mungkin serta hal yang mungkin menjadi tidak mungkin. Jadi bisa kita ketahui bahwa harapan besar manusia dapat dipanjatkan melalui doanya ini. Karena setiap orang yang beragama selalu melakukan aktifitas berdoa ini, kini kita akan membahas beberapa kelebihan doa yang dipanjatkan setiap hari ini. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa manfaat unik berdoa untuk kesehatan.

Membuat Seseorang Menjadi Bahagia



Hal pertama yang merupakan manfaat unik dari berdoa ini adalah bisa membuat seseorang menjadi bahagia. Ya, mungkin salah satu tujuan manusia hidup di dunia ini selain menyembah Tuhan adalah untuk mendapatkan kebahagiaan yang diidamkan. Bahagia ini adalah suatu keadaan psikis manusia yang membuat seseorang nyaman dengan kehidupannya dan biasanya kebahagiaan ini akan terpancar dari muka yang berseri-seri dan perilaku yang girang selama dalam batas kewajaran. Kebahagiaan ini memiliki banyak pengertian di kalangan manusia yang hidup di dunia ini, ada yang mengatakan bahwa seseorang akan bahagia jika kebutuhan materi sudah tercukupi dan bahkan lebih dari yang dibutuhkan dan hal ini digunakan untuk menunjang hidupnya. Namun ada juga pendapat yang mengatakan bahwa kebahagiaan ini adalah tidak berdasar materi atau kelebihan lain dalam tubuhnya, namun kebahagiaan ini adalah ketika seseorang bisa merasa dicintai dan mencintai orang yang ada di sekitarnya dengan tulus, sehingga akan tercapai kenyamanan dalam kehidupannya. Serta yang paling mendasar dari pengertian bahagia ini sendiri adalah keadaan dimana seseorang merasa cukup dan bersyukur atas apa yang didapatkannya di dalam hidupnya.

Dari banyaknya beberapa pengertian di atas dan mengingat sifat manusia yang serakah membuat beberapa pengertian bahagia di atas tidak mudah dalam pencapaiannya. Salah satu yang dikatakan oleh para ahli adalah bahagia ini bisa dicapai dengan menghilangkan sisi negatif dan emosi negatif yang ada di dalam tubuh dan dengan sendirinya energi positif ini akan masuk. Menurut beberapa ahli kebahagiaan ini akan bisa didapatkan dari banyak hal yaitu seperti menjaga tubuh dari hal-hal yang buruk seperti makanan yang tidak baik bagi kesehatan dan juga didukung dengan adanya kegiatan yang kini sudah berkembang untuk meningkatkan rasa nyaman seperti tai chi dan yoga. Hal lain yang bisa membuat bahagia adalah dengan adanya cinta yang tulus serta emosi yang selalu dijaga agar selalu positif terlebih lagi dengan hubungan sesama manusia.

Jika keadaan di sekitar kita semua dalam keadaan yang baik maka pengaruh dalam tubuh kita sendiri juga akan baik sehingga bisa muncul emosi yang positif juga. Hal terakhir yang bisa dilakukan dengan adanya bahagia ini adalah dengan memahami spiritual. Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah keyakinan kepada Tuhan dan juga berdoa tentunya. Mungkin cara yang satu ini adalah cara yang sulit untuk sebagian orang karena cukup susah untuk bisa memahami spiritual di dalam diri seseorang. Namun menurut penelitian yang telah dikembangkan, cara yang paling mudah untuk memahami spiritual ini adalah dengan berdoa. Menurut seorang ahli yang meneliti mengenai khasiat berdoa ini, bisa dikatakan bahwa dengan berdoa, produksi hormon dopamine dalam otak akan meningkat. Seperti yang kita ketahui bahwa hormon ini adalah salah satu hormon bahagia sehingga otomatis orang yang berdoa akan merasakan kebahagiaan. Dan apabila seseorang telah merasakan kebahagiaan di dalam hatinya, maka semua masalah yang ada di dalam tubuhnya akan mudah diatasi dan bisa membuat seseorang lebih baik dalam jasmani dan rohaninya.

0 komentar:

Posting Komentar