Sabtu, 21 Maret 2015

Kebiasaan Buruk Bagi Kesehatan

Banyak sekali orang yang ingin hidup sehat, namun sayangnya tak semua orang dapat mengetahui caranya dengan benar. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang sering melakukan berbagai kebiasaan buruk dalam kehidupannya sehari-hari. Parahnya, kebiasaan tersebut memiliki dampak yang sangat negatif bagi kesehatan. Wah? Bahaya juga ya? Lantas kira-kira, kebiasaan apa saja ya yang ternyata dapat membahayakan tubuh kita? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.


1. Makan Atau Minum Sambil Berdiri Atau Berjalan



Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah makan atau minum sambil berdiri atau berjalan. Biasanya, hal ini kerap dilakukan saat seseorang tengah berada dalam sebuah pesta atau event yang membuatnya harus makan atau minum sambil berdiri. Bukan hanya itu, kebiasaan ini pun juga kerap dilakukan saat orang merasa terburu-buru. Tahu kah Anda? Ternyata kebiasaan ini memiliki dampak yang sangat negatif bagi tubuh. Bagian tubuh yang akan terkena dampaknya adalah lambung. Saat mengunyah atau minum sambil berdiri atau bahkan berjalan, lambung akan berada dalam kondisi kontraksi. Ia kemudian akan menegang dan membuat penyebaran zat makanan yang nantinya akan dicerna di dalam lambung tak akan berjalan dengan maksimal. Oleh sebab itu, tubuh pun akan merasakan mual. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat mengingkatkan resiko tersedak lantaran terjadinya penyumbatan pada jalannya proses pernafasan.


2. Menggunakan Headset



Selain itu, ada satu lagi kebiasaan yang juga kerap dilakukan oleh banyak orang, yakni menggunakan headset untuk mendengarkan musik atau menerima telepon. Tahu kah Anda? Ternyata, kebiasaan ini mampu merusak rambut-rambut telinga yang ada di bagian luar telinga. Rambut-rambut telinga ini akan mudah rusak dan rontok pada jangka waktu yang cukup dekat. Apabila rambut-rambut ini rusak, maka tak akan ada lagi bagian telinga yang dapat menyaring suara yang masuk ke dalam telinga. Padahal seharusnya, suara keras—seperti yang dihasilkan dari headset—harus bersentuhan dulu dengan daun telinga sebelum disaring oleh rambut-rambut telinga yang halus. Tentunya, lantaran kinerjanya sebagai filter menurun, maka pendengaran pun akan terganggu. Bahkan dalam kondisi yang parah, akan terjadi efek tuli permanen pada telinga. Parahnya lagi, apabila sudah rontok, maka rambut telinga tak akan bisa tumbuh lagi.


3. Mandi Air Hangat



Tak ada sesuatu yang akan berdampak baik apabila dilakukan secara berlebihan. Pun begitu dengan mandi menggunakan air hangat. Memang, tubuh akan merasa jauh lebih rileks saat kita mandi menggunakan air hangat. Namun apabila dilakukan terlalu sering, maka hal ini dapat membuat kulit berubah menjadi lebih kering lantaran terkena proses penguapan secara terus menerus. Hal ini disebabkan oleh menegangnya kulit yang kemudian membuat pori-porinya semakin membesar. Kondisi ini jelas akan membuat kulit semakin cepat keriput

0 komentar:

Posting Komentar