Jumat, 20 Maret 2015

Unik! Bendera Negara Berikut Mirip Dengan Indonesia

Tahu kah Anda? Ternyata ada beberapa negara yang memiliki warna bendera yang sangat mirip dengan bendera milik Indonesia. Ada yang warnanya terbalik, warna dominanya sama, dan lain sebagainya. Wah? Unik sekali bukan? Lantas kira-kira, negara mana saja ya yang benderanya memiliki warna yang sama dengan bendera Indonesia? Yuk, simak bahasan lengkap dan uniknya berikut ini.


1. Polandia



Salah satu negara yang memiliki bendera yang sama dengan Indonesia adalah Polandia. Ya, salah satu negara yang terletak di benua Eropa ini memang telah lama dikenal memiliki warna bendera yang sama dengan Indonesia hanya saja posisinya terbalik. Jika warna bendera Indonesia adalah merah putih, maka bendera Polandia berwarna putih merah. Bendera Polandia pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat dunia pada tahun 1919 silam.


2. Singapura



Tahu kah Anda? Ternyata bendera dari salah satu negara tetangga kita ini juga tercatat mirip dengan bendera milik Indonesia. Ya, bendera milik negara yang ditemukan oleh Sir Thomas Raffles ini pertama kali dikenalkan kepada masyarakat umum pada tanggal 3 Desember 1959 saat pelantikan Yang di Pertuan Negara pertama, Encik Yusof bin Ishak. Bendera ini dibuat oleh sebuah komite yang dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Singapura yang menjabat saat itu, Dr. Toh Chin Chye. Bendera yang sangat mirip dengan Indonesia ini berhasil menggantikan bendera Union Jack yang telah lama berkibar di kawasan Singapura selama kurun waktu 140 tahun. Bagian yang membedakan bendera Singapura dan Indonesia adalah bagian merah yang memiliki bulan sabit dan dilengkapi dengan 5 bintang yang disusun melingkar dimana seluruhnya memiliki arti yang berbeda-beda.


3. Monako



Bukan hanya Polandia dan Singapura saja, bendera negara Monako pun ternyata juga tercatat memiliki bentuk fisik yang sangat mirip dengan bendera milik negara Indonesia. Sama halnya dengan Indonesia, bendera Monako juga memiliki dua bagian, yakni warna merah dan putih. Bendera Monako dan Indonesia hanya berbeda ukuran saja. Seiring dengan berjalannya waktu, bendera Monako pun kerap mengalami pergantian desain dan bentuk.


4. Malta



Satu lagi bendera negara yang tercatat sangat mirip dengan milik Indonesia.Bendera tersebut adalah milik negara Malta. Bendera ini pertama kali dibuat pada tanggal 21 September 1964 silam. Bendera malta terdiri dari warna merah dan putih dan dilengkapi oleh sebuah salib George yang disematkan pada bagian kiri atas bendera tersebut. Tanda tersebut khusus diberikan oleh Raja George VI kepada seluruh masyarakat Malta lantaran mereka sangat berperan aktif dalam Perang Dunia II. Tanda salib yang disematkan oleh Raja George VI tersebut menjadikan bendera Malta menjadi satu-satunya negara yang memiliki bendera dengan tanda jasa. Wah? Unik juga ya kalau beberapa negara tersebut memiliki kesamaan pada bendera negara kita.

sumber: segiempat.com

0 komentar:

Posting Komentar