Jumat, 20 Maret 2015

Fakta Aneh Mengenai Gravitasi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa di dunia ini ada sebuah gaya yang mempengaruhi hingga kita tidak bisa melayang-layang di angkasa. Gaya ini yang biasa kita sebut dengan gaya gravitasi. Gaya ini adalah gaya yang membuat semua benda yang ada di atas jatuh ke bawah hingga membuat kita tetap dalam keadaan kita diatas bumi. Namun gaya gravitasi tidak hanya sebatas hal itu saja, masih ada beberapa hal yang menarik untuk diketahui. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa fakta aneh mengenai gravitasi di dunia.


1. Bakteri Bertambah Kuat di Gravitasi Kecil



Fakta unik pertama mengenai gaya gravitasi ini adalah sebuah fakta yang mengatakan bahwa gaya gravitasi bisa mempengaruhi keadaan atau kemampuan bakteri untuk menginfeksi makhluk lain. Hal ini telah diteliti oleh sebuah penelitian yang melibatkan banyak ilmuwan pada tahun 2007 yang telah membuktikan mengenai infeksi bakteri Salmonella sp. Diketahui bahwa bakteri Salmonella sp ini akan bisa bertambah kuat jika berada di sebuah ruang yang memiliki gaya gravitasi kecil. Hal inilah yang membuat tikus akan menderita sakit perut atau sakit pencernaan setelah mengkonsumsi bakteri ini di dalam ruang gravitasi kecil dan akan lebih lama jika di dalam ruang gravitasi besar. Tentunya hal ini sudah bisa membuktikan bahwa penyakit yang berasal dari luar angkasa atau planet lain adalah bakteri dalam bumi yang menjadi semakin kuat dan bukan merupakan bakteri luar angkasa.


2. Gravitasi Tidak Merata



Fakta unik yang berikutnya ini bisa jadi baru saja Anda ketahui bukan? Fakta ini adalah mengenai gravitasi yang tidak merata menyelimuti bumi. Mungkin hal ini adalah hal yang kurang dipercaya bukan melihat di beberapa negara atau daerah lain, gaya gravitasi yang didapatkan sama besarnya. Namun hal ini ternyata karena bumi memiliki bentuk yang bundar tidak merata sehingga massa bumi juga tidak sama yang menyebabkan gravitasi ini juga tidak merata. Hal ini bisa dibuktikan di sebuah teluk di Kanada. Di teluk ini banyak diteliti ternyata memiliki gaya gravitasi yang rendah jika dibanding dengan daerah lain. Hal ini adalah hal yang bisa dijelaskan karena adanya aktifitas gletser yang membuat massa bumi berkurang dan saat massa bumi berkurang maka gaya gravitasi yang ada juga ikut berkurang. Hal ini dijelaskan dalam jurnal Science yang juga diakui.


3. Gravitasi dan Berat Badan



Ternyata fakta unik lainnya berkaitan dengan gravitasi ini adalah sebuah fakta hubungan antara gaya gravitasi dengan berat badan. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya penelitian bahwa orang yang hidup di planet lain kecuali bumi, akan memiliki berat badan yang lebih ringan. Jika seseorang yang memiliki berat badan sekitar 160 pon di bumi, maka di planet lain yang memikiki gaya gravitasi rendah hanya akan memiliki berat sekitar 57 pon. Hal ini karena gaya gravitasi di planet tersebut lebih rendah sekitar 38% dari gaya gravitasi bumi dan hal ini juga membuktikan bahwa gaya gravitasi akan sebanding dengan berat badan seseorang.


4. Adaptasi Astronaut yang Sulit



Seperti yang kita ketahui bahwa astronaut adalah salah satu orang yang memiliki pekerjaan untuk berada di luar angkasa dan mengerjakan apa yang telah diamanatkannya. Hal ini tentunya membuat astronaut mampu berada di luar angkasa selama beberapa hari. Namun tahukah Anda ternyata ketika astronaut ini kembali ke bumi, dia akan menghadapai masa adaptasi yang sangat sulit dimana dia harus menyesuaikan keadaan fisik setelah kehilangan berat badan dan massa tulang di luar angkasa dan juga harus menyesuaikan kembali mentalnya. Hal ini memerlukan waktu beberapa hari hingga astronaut ini bisa kembali beraktifitas dengan baik setelah berada di tempat dimana tinggi gaya gravitasinya.

0 komentar:

Posting Komentar