Jumat, 20 Maret 2015

Fakta-Fakta Unik Evolusi Manusia

Seperti yang kita ketahui bahwa manusia yang ada saat ini memiliki sejarah yang cukup unik termasuk dalam teori evolusi manusia. Mulai dari manusia purba yang berjalan bungkuk hingga berjalan tegak sampai sekarang. Namun tentunya ada beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui namun juga ingin Anda ketahui dan ternyata hal tersebut tidak lepas dari adanya fakta yang unik. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa fakta unik evolusi manusia.


1. Fenomena Percepatan Evolusi



Fakta pertama dari adanya evolusi manusia ternyata adalah terjadi evolusi sebenarnya dipercepat. Jadi, dengan kondisi lingkungan yang ada di jaman purba dahulu ini membuat banyak manusia purba bisa bergerak atau berevolusi lebih cepat 100 kali dari normalnya. Hal ini dikarenakan adanya penyakit dan juga keadaan tertentu yang membuat para manusia purba ini harus berubah untuk bisa bertahan hidup. Namun peneliti masih saja menyelidiki apakah ada gen tertentu yang juga ikut berkembang sejalan dengan evolusi yang cepat ini. Selain itu, penyebab adanya perkembangan evolusi yang semakin cepat ini dari adanya atau masuknya pengaruh dari pertanian yang membuat manusia purba ini semakin kreatif dan juga adaptif.


2. Alasan Manusia Berjalan dengan Dua Kaki



Seperti yang kita ketahui bahwa hubungan kekerabatan manusia ini adalah sangat dekat dengan kera atau monyet bukan? Meskipun memiliki ciri yang berbeda namun kebanyakan dari segi gen hampir sama dengan manusia. Namun hal yang terlihat berbeda dari dua makhluk ini adalah dengan adanya cara berjalan. Manusia berjalan menggunakan dua kaki dan kera berjalan menggunakan empat kaki. Hal ini ternyata karena manusia merasa teruntungkan dengan dua kaki ini karena memudahkan pergerakan dan sedikit menggunakan energi. Bahkan dengan dua kaki ini bisa memberikan pengaturan terhadap suhu tubuh manusia. Hal inilah yang juga akhirnya dirubah oleh manusia purba dan mulai dan membiasakan untuk bisa berjalan dengan dua kaki.


3. Asal Mula Evolusi Manusia Modern



Evolusi manusia tentunya sudah sangat erat hubungannya dengan adanya manusia kuno atau manusia purba dan juga manusia modern. Banyak para peneliti yang menduga dan bertanya mengenai asal mula manusia modern yang kini menjadi seperti manusia seperti kita ini. Ya, ada banyak sekali teori yang menjawab pertanyaan ini dan hal yang dianggap sebagai pegangan dalam menjawabnya adalah Hipotesa Of Africa yang menyatakan bahwa manusia modern berkembang dari Afrika dan menyebar ke daerah lain di dunia dan menggantikan manusia kuno. Namun ada juga teori yang menyatakan bahwa mnusia modern berasal dari wilayah luas yang nantinya melakukan pernikahan antar daerah dan akhirnya menyebar.


4. Alasan Otak Manusia Membesar



Fakta berikutnya yang berkaitan dengan evolusi manusia ini adalah dengan adanya sebuah alasan mengapa otak manusia membesar. Hal ini adalah salah satu bentuk adaptif dari nenek moyang yang berkembang sejalan dengan tingkat kecerdasan nenek moyang ini. Selain itu dengan adanya kemampuan untuk terus berpikir menciptakan sebuah hal yang baru yang juga membantu otak terus aktif dan kemudian membesar hingga saat ini. Sangat unik bukan?

0 komentar:

Posting Komentar