Jumat, 20 Maret 2015

Keunggulan Manusia Dibanding Komputer

Di dunia yang semakin berkembang ini, kehadiran komputer adalah hal yang wajar dan biasa dan setiap orang pastinya memilikinya bukan? Hal ini menjadi komputer ini menjadi kebutuhan karena bisa membantu pekerjaan manusia dengan lebih mudah. Namun ternyata dibanding dengan komputer yang super canggih ini, ada beberapa hal yang ternyata kalah dengan apa yang dimiliki manusia sehingga bisa dikatakan manusia ini lebih sempurna daripada komputer. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa keunggulan manusia dibanding dengan komputer.


1. Cara Berkomunikasi



Keunggulan pertama yang merupakan keunggulan manusia dibanding dengan komputer adalah cara berkomunikasinya. Tentunya bukan cara berkomunikasi secara langsung yang diteliti, namun lebih ke dalam cara komunikasi manusia dengan mesin dan mesin dengan mesin. Dari sinilah penelitian yang dilakukan oleh Terter ini menghasilkan hasil yang menakjubkan dimana sebuah komputer atau mesin ini tidak bisa meniru manusia dan berpura-pura menjadi manusia sedangkan manusia ini bisa membuat dirinya terlihat seperti mesin ketika berkomunikasi lewat mesin ini.


2. Mengungkapkan Perasaan



Bisa dikatakan hal yang satu ini adalah keunggulan manusia dibanding dengan makhluk hidup lain dan juga dibanding dengan mesin. Hal tersebut adalah perasaan. Setiap manusia tentunya memiliki perasaan lembut dalam hatinya meskipun orang tersebut bersifat keras. Selain memiliki perasaan, manusia ini juga bisa mengungkapkan dan memahami perasaan dirinya dan juga orang lain. Hal inilah yang tidak pernah bisa dilakukan oleh komputer meskipun dibentuk sebuah robot yang canggih. Pernah ada sebuah robot yang dibentuk untuk bisa mengungkapkan perasaan, namun hal ini masih saja kalah dengan manusia karena robot ini hanya bisa mensimulasikan perasaan yag telah diatur.


3. Mengusai Situasi Darurat



Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak jenis komputer canggih dan juga penciptaan robot yang digunakan untuk menggantikan peran manusia di dalam pekerjaan bukan? Salah satunya adalah robot yang paling canggih digunakan sebagai Auto Pilot yang berfungsi untuk menerbangkan pesawat. Meskipun robot ini sangat canggih dan bisa melakukan segala hal, namun ada beberapa ketidaksempurnaan yang ada pada robot sehingga masih membutuhkan manuia untuk bisa menjalankanya. Hal tersebut adalah dengan menghadapai situasi darurat. Robot ini hanya akan bisa melakukan kegiatan yang telah diatur dalam tubuh robot, sedangkan manusia ini bisa berpikir untuk menghadapi masalah yang tidak berjalan sesuai dengan apa yang telah diprogramkan.


4. Menilai Kualitas



Komputer yang diterapkan dalam sebuah robot tentunya berupa sebuah hal yang canggih dan modern sehingga bisa memudahkan manusia untuk bisa melakukan pekerjaanya. Namun ternyata robot hanya bisa melakukan hal yang diperintahkan kepadanya dan yang telah diatur dalam pogram di dalam robot tersebut. Meskipun banyak robot yang bisa merekam dan melakukan segala kegiata , namun tidak ada robot yang bia menilai sebuah sesuatu itu baik atau tidak. Sedangkan manusia lebih bisa untuk menilai kualitas sebuah hal melalui pemikirannya dan bisa membahas kualitas tersebut dengan orang lain.

sumber: segiempat.com

0 komentar:

Posting Komentar