Jumat, 20 Maret 2015

Fakta-Fakta Menarik Tentang Tikus

Hewan tikus adalah salah satu jenis hewan pengerat yang mungkin akan sangat menjijikan bukan? Namun seperti hewan lain pada umumnya, tikus ini memiliki kelebihan dan juga keuntungan tersendiri bagi manusia seperti dijadikan hewan percobaan atau lainnya. Hal ini tentunya membuat kita tertarik untuk bisa mengetahui hewan kecil yang kotor ini lebih dalam bukan? Berikut ini akan kami sampaikan beberapa fakta menarik mengenai hewan tikus.


1. Tikus Norwegia



Fakta unik dan menarik yang pertama berkaitan dengan hewan tikus ini adalah seekor tikus yang disebut sebagai Tikus Norwegia. Tikus ini adalah tikus yang memiliki habitat sangat luas namun habitat aslinya ada di New York, Amerika Seikat. Tidak hanya berada di US, namun tikus ini juga bisa berada di seluruh dunia seperti Kanada bahkan hingga ke Antartika. Tikus ini memiliki kemampuan bertahan hidup yang luar biasa dan jenis dari tikus ini adalah jenis yang paling banyak di dunia dan bisa dikatakan tikus yang juga digunakan untuk percobaan adalah Tikus Norwegia ini.


2. Fenomena Raja Tikus



Fakta yang berikut ini adalah fakta yang mungkin jarang Anda ketahui dan juga Anda lihat bukan? Fakta ini adalah berkaitan dengan sebuah fenomena yang disebut dengan fenomena Raja Tikus. Hal ini adalah fenomena yang cukup unik dan juga mengkhawairkan. Jadi fenomena Raja Tikus ini adalah kumpulan beberapa tikus yang ekornya saling terhubung satu sama lain sehingga tikus tersebut tidak bisa terpisah satu sama lain. Hal ini tentunya cukup aneh bukan? Namun ternyata fenomena ini memang ada di daerah Jerman yang paling banyak diketahui. Raja tikus yang paling besar adalah sekitar 32 tikus yang dilihat seeorang di sebuah perapian. Fenomena ini juga sangat merugikan karena dipercaya bahwa jika ada Raja Tikus ini maka bisa menjadi tanda adanya penyakit atau kematian.


3. Tikus Gambia



Bagaimana perasaan Anda jika melihat seekor tikus? Ya, tentu saja perasaan jijik itu akan muncul bukan? Hal ini sepertinya akan menjadi hal yang sangat menjiikan jika melihat tikus yang bernama Tikus Gambia ini. Tikus ini adalah tikus yang paling besar di dunia dan memiliki bobot sekitar 7 kg. Hal ini membuat tubuh tikus ini seperti raksasa dan sangat mengerikan. Namun meskipun begitu, hewan ini memiliki kemampuan untuk bisa memantau ada atau tidaknya ranjau darat yang banyak ditebar di daerah Afrika tersebut. Selain itu, juga bisa digunakan untuk mendeteksi adanya tuberkolusis yang ada pada manusia melalui sampel dahak dari seseorang. Bahkan karena kepintarannya dan juga sifat penurutnya membuat Tikus Gambia ini dijadikan sebagai peliharaan yang sangat eksotis.


4. Ketangguhan Tikus



Sudah bukan hal yang aneh lagi jika kita banyak melihat adanya tikus ini di semua rumah dan bangunan bukan? Bisa dikatakan pula bahwa tikus ini adalah sebuah wabah yang harus diberantas. Namun fakta mengenai ketangguhan tikus ini mungkin membuat Anda harus bekerja lebih keras lagi untuk memberantasnya. Tikus ini setiap periodenya memiliki kemampuan untuk bisa bertahan dari lingkungan dan juga bertahan dari racun tikus tertentu. Bahkan jika tikus ini jatuh dari ketinggian tertentu tikus tetap hidup tanpa adanya cidera. Karena kemampuannya yang cukup luar biasa ini membuat kucing kecil bahkan akan lari ketakutan jika melihat tikus yang tangguh ini.

0 komentar:

Posting Komentar